Tahun 2050 nanti bakal banyak perubahan yang terjadi di dunia. Mulai dari meningkatnya jumlah salah satu pemeluk agama secara drastis hingga berubahnya keadaan ekonomi suatu negara. HSBC pun merilis daftar negara yang diramalkan bakal menguasai dunia dalam bidang perekonomian. Siapa aja calon negara tajir ini? Berikut daftarnya.

banner-ads

China

Negara tirai bambu ini dikabarkan bakal menjadi raksasa yang mencengkeram dunia. Pada tahun 2050 nanti, China diramalkan akan mampu menghasilkan pendapatan per kapita terbesar di dunia yakni sekitar Rp 298,137 triliun. Diprediksikan faktor penentunya adalah kebijakan dan modernisasi ekonomi yang dilakukan pemerintah serta masuknya Hong Kong dan Macau ke dalam tatanan ekonomi China.

Amerika Serikat

Di antara negara maju lainnya, Amerika Serikat adalah yang paling memenuhi syarat untuk peningkatan ekonomi secara drastis di masa depan. Pertumbuhan penduduk stabil, hukum yang benar ditegakkan serta penerapan demokrasi yang bagus. Meskipun begitu, Amerika masih belum bisa mengalahkan China dengan pendapatan per kapita sebesar Rp 294,203 triliun.

India

Cukup mengejutkan melihat nama negeri Mahabarata ini berada di jajaran top three. Tapi, hal tersebut sangat masuk akal ketika fakta menyebutkan jika India termasuk negara yang paling cepat pertumbuhan ekonominya dengan peningkatan 5 persen pertahun. Negara ini juga bakal menempati peringkat pertama negeri paling banyak penduduknya di dunia. Di masa depan, negara dengan populasi kerja tinggi bakal ikut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Hal yang mengherankan dari ramalan ini adalah nggak tercantumnya nama Indonesia di jajaran atas negara paling kaya. Padahal sisi kriteria, negara kita cukup keren dengan jumlah penduduk yang banyak dan juga hal-hal menguntungkan seperti pasokan sumber daya alam. Namanya aja masih ramalan, masih bisa diubah!