Berbagai besar pencapaian manusia sepertinya terus menerus dilakukan tanpa kenal berhenti, termasuk perkembangan dunia robot. Jika baru-baru ini diciptakan robot yang bisa dijadikan keluarga, kini teknologi robotik makin maju dengan menciptakan mesin bergerak terbesar di dunia.

Nggak seperti bentuk robot pada umumnya, benda unik yang diberi nama Tradino ini berbentuk naga besar. Jadi, nggak hanya bisa bergerak aja, si naga mesin ini tentunya juga mampu menyemburkan api. Adalah Zollner Electronik AG yang udah menciptakan benda keren ini.

Tradino memiliki panjang yang cukup fantastis, dari moncong hingga ekor tercatat sepanjang 16,5 meter. Sedangkan untuk tingginya sendiri mencapai 8,2 meter. Nggak heran dengan ukuran sebesar itu, robot naga ini mendapatkan rekor dunia Guiness sebagai robot terbesar di dunia. Rekor sebelumnya dipegang oleh monster Sauroposeidon yang kini ada di taman King Island, Amerika Serikat.

Meskipun ukurannya sangat besar, tapi sama seperti robot-robot lainnya, Tradino dikendalikan dengan menggunakan remot kontrol. Udah mencatatkan rekor, tapi benda unik ini masih bakal terus dikembangkan. Terakhir, para mekanik udah bisa membuat naga ini mengepakkan sayap dan membuat nadinya mampu berdenyut di bagian leher.

Tradino saat ini menghiasi koleksi taman bermain yang terletak di Zandt, Jerman. Hmm, kira-kira para penemu ini bakal membuat hal ekstrim apa lagi ya?