Banyak orang-orang Indonesia keren yang prestasinya diakui oleh dunia. Seperti Hediana Utarti, warga negara Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat, yang baru-baru ini meraih penghargaan Modern Day Abolitonist Award 2017 for Direct Service to Survivors of Human Trafficking.

Penghargaan ini diberikan di San Fransisco, sebagai bukti dedikasi Hediana dalam membantu korban perdagangan manusia di Amerika. FYI bro, Hediana adalah orang Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan ini.

Selama 17 tahun Hediana berkomitmen membantu korban perdagangan manusia di Amerika. Ia bekerja di organisasi Asian Women's Shelter dan menjabat sebagai Community Projects Coordinator yang menangani program dan pelayanan di bidang anti perdagangan manusia.

Setiap harinya, perempuan lulusan University of Hawaii ini membantu para korban kekerasan rumah tangga dan pemerkosaan yang nggak fasih berbahasa Inggris. Kebanyakan korbannya adalah para imigran baru yang memang punya keterbatasan berbahasa Inggris.

Selain itu, Hediana bersama beberapa warga negara Indonesia lainnya membentuk organisasi bernama Indonesian Community Outreach Committee. Secara khusus organisasi ini membantu korban perdagangan manusia dari Indonesia. 



Bantuan yang diberikan nggak cuma mencari tempat penampungan, tapi juga membantu masalah kesehatan dan lainnya. Hediana berpesan kepada orang Indonesia yang bekerja di luar negeri supaya mencari keberadaan organisasi Indonesia di negara tujuan mereka dan harus menolak diisolasi.

Keren!