Bukan pdkt-in gebetan se kantor hal paling sulit yang loe lakuin. Justru gimana cara loe untuk bisa masuk ke sana adalah yang terpenting. Sebelum akhirnya bisa bekerja, loe pasti pernah nglewatin sesi interview. Ibarat pacaran, ini adalah penjajakan. Sangat penting bahkan lebih genting daripada ujian skripsi karena ini menyangkut masa depan.

Kalau ngomongin tips gimana lewatin interview dengan gampang, sudah banyak Bro. Tapi yang ngomongin tips tidak menonjolkan diri ketika menjalani proses intim sama bos tersebut belum ada, kan?

Daripada bos loe salah pilih, coba deh rem dulu kelebihan-kelebihan yang loe punya seperti ini:

Saya bisa berkomunikasi tanpa mengucapkan sepatah kata pun

© theclearlydope-tumblr

Menurut loe ini mungkin bakal menarik perhatian bos. Dimana maksud loe adalah kemampuan untuk bisa lebih efisien dalam bekerja. Seperti tagline yang sering loe dengar ‘sedikit bekerja banyak bicara’. Alih-alih respect, bos pasti bakal mikir loe adalah tukang cenayang atau semacamnya yang bisa berkomunikasi lewat telepati dan perasaan. Bos mungkin bakal bilang “Saya cari programmer bukan dukun.” Nah lho!

Saya sangat konsisten untuk masalah terlambat

© 4gifs.tumblr.com

Sekali-kali jangan pernah menyombongkan hal yang semacam ini. Suatu saat loe bakal mengalami hari paling sial dan barang pasti bakal telat kerja. Sama sekali bukan kalimat yang mengesankan dan sama sekali nggak bakal mendapatkan poin lebih di mata mereka. Loe pasti bakal telat entah kapan. Meskipun loe tinggal di kantor.

Saya bisa bikin kesalahan menjadi sesuatu yang lebih baik

© 4gifs.tumblr.com

Kalimat ini ambigu banget. Maksudnya mungkin ingin memperbaiki kesalahan tapi kesannya loe mau bikin kesalahan yang lebih cantik lagi. Lagi-lagi, jangan gunakan hal-hal semacam ini untuk memberikan kesan baik saat interview.

Make sure buat nggak menyombongkan diri dengan hal-hal kayak gitu. Kesempatan ini mungkin cuma datang sekali aja Guys. Jadi, jangan main-main deh!