Valentino Rossi masih menuunjukkan kepada semua orang bahwa dia pebalap yang berbahaya. Saat berlomba di Catalunya, Spanyol Rossi sempat membuat Jorge Lorenzo was was bakal diasapi.

Start pada posisi ketujuh membuat Rossi harus bersusah payah memperbaiki posisi untuk mengejar Lorenzo. Sejak bendera start dikibarkan, Rossi langsung membetot gas menyusul semua pebalap lainnya.

Kecerdikan dalam mengambil racing line, dan taktik balap yang nekat membuat Rossi berhasil memangkas jarak hingga di 10 lap terakhir. Sayangnya Lorenzo yang sudah memimpin sejak awal tak sanggup didahului oleh Rossi yang harus puas finish di tempat kedua.

Meski melaju cukup cepat dan berhasil mengintimidasi Lorenzo, namun Rossi mengaku bahwa itu belum cukup cepat untuk menyusulnya. Memiliki ritme balap yang sam amembuat mereka tak bisa melakukan duel sehingga satu sama lain sudah paham dengan taktik yang ditempuh.

Bagi Rossi juara 2 tak ada artinya meski dia mendapat poin. Untuk menebus kesalahannya, Rossi berjanji akan berduel dengan Lorenzo di sirkuit Assen, Belanda pada 25-27 Juni.