Talkmen.com --- Destinasi pelesiran yang wajib didatangi. Mengunjungi Lombok, tak harus selalu terbayang Pantai Senggigi atau Kepulauan Gili.

Mengupas destinasi pariwisata di Indonesia tak akan ada habisnya. Apa yang tidak dipunyai negara maritim ini? Dari wisata pegunungan sampai bahari semuanya tersedia, meskipun masih banyak yang terlantar akibat keterbatasan dan minimnya sumber daya untuk mengelola tempat wisata tersebut.

Beberapa tahun terakhir Anda mungkin sering mendengar tujuan wisata baru yang terhampar di sisi timur Indonesia. Nama-nama seperti Kepulauan Wakatobi, Pink Beach, Labuan Bajo, atau Raja Ampat adalah beberapa tempat yang sedang menjadi buah bibir para traveler karena keindahan alam baharinya.

Bergeser sedikit ke bagian Indonesia tengah, maka Anda akan menjumpai Pulau Lombok yang diapit oleh Pulau Sumbawa dan Pulau Bali. Pulau Lombok memang menyimpan begitu banyak destinasi wisata yang telah dikenal luas oleh wisatawan mancanegara. Ironis memang, tapi pada kenyataannya turis asing lebih tahu tentang spot apa saja yang wajib dikunjungi saat mengunjungi Pulau Lombok.

Trio pulau pada Kepulauan Gili yang begitu populer yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno selalu menjadi persinggahan wajib para penggila selam dan wisata pantai. Kemudian masih ada Pantai Senggigi dengan jejeran resor mewah dan Pantai Kuta yang selalu menjadi incaran peselancar karena debur ombaknya begitu menggoda.

Hamparan laut biru dan paduan dua jenis pasir yang berbeda berpagar perbukitan merupakan daya tarik Tanjung Aan sebagai destinasi wisata di Pulau Lombok.
 

Tak jauh dari Pantai Kuta yang ada di selatan Pulau Lombok, ada satu pantai yang menyimpan eksotisme luar biasa. Ya, Tanjung Aan. Pantai ini boleh dibilang merupakan salah satu pantai perawan di Pulau Lombok yang belum banyak terjamah oleh wisatawan. Oleh karena itu, sejauh mata memandang, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan birunya laut beralaskan pasir putih. Tak hanya itu, barisan pegunungan seolah menjadi pagar alam yang begitu gagah mengelilingi pantai. 

Bertandang ke Tanjung Aan bisa dikatakan gampang-gampang susah. Semuanya tergantung bagaimana Anda merencanakan pelesiran sesuai keinginan.

Ada baiknya sebelum bertolak ke Pulau Lombok, Anda telah mempersiapkan semua akomodasi sehingga tidak kebingungan sesampainya mendarat di Bandara Lombok Praya. Dari bandara, Anda dapat menentukan akan memulai perjalanan dari mana. Ada baiknya Anda mengambil penerbangan sepagi mungkin agar tidak membuang waktu di perjalanan. Anda dapat mengambil rute kota Praya langsung beranjak ke daerah Kuta dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan. 

Garis pantai yang luas sangat menggoda untuk menikmati wisata pantai.
 

Sesampainya di Kuta, Anda dapat melanjutkan perjalanan selama setengah jam untuk mencapai Tanjung Aan. Jangan khawatir, karena fasilitas penyewaan mobil, motor, maupun angkutan umum sudah tersedia walaupun jumlahnya minim. Bila menggunakan angkutan umum, Anda harus cermat bertanya agar sampai di tujuan yang tepat.

Perjalanan dari kota Praya menuju Kuta sampai ke Tanjung Aan tidak akan membosankan karena mata Anda akan dipenuhi pemandangan alam bebas di Pulau Lombok yang berciri khas berbukit dengan hamparan sabana yang menguning dengan indahnya.

Rasa lelah yang mendera setelah mengarungi perjalanan panjang akan sirna begitu Anda menjejakkan kaki di Tanjung Aan. Pantai ini memiliki butiran pasir yang bervariasi, dari berbentuk butiran merica sampai pasir halus berwarna putih berkilau. Garis pantainya pun cukup luas untuk Anda berjalan-jalan di bibir pantai sembari menikmati percik ombak yang membasahi kaki. Walaupun berada di sisi selatan pulau, menghabiskan waktu di Tanjung Aan sambil menunggu momen matahari terbenam layak untuk dinanti. Bagi beberapa wisatawan yang pernah berkunjung ke sana, pemandangan sunset di Tanjung Aan luar biasa menakjubkan, tak kalah dengan pertunjukan alam serupa di Pulau Dewata.

Aneka bentuk karang turut menghiasi atraksi alam di Tanjung Aan.
 

Sekadar saran, apabila Anda ingin menghabiskan waktu di Tanjung Aan, bawalah perbekalan sesuai kebutuhan karena fasilitas untuk wisawatan di sana belum memadai. Untuk akomodasi penginapan, Anda juga bisa bermalam di beberapa resor atau hotel di Kuta yang cukup beragam. Ada banyak penginapan yang dapat disesuaikan dengan kocek liburan Anda, dari hotel berbintang sampai guesthouse ala backpackers yang juga digemari oleh wisatawan asing. Bagaimana, penasaran untuk bercengkerama dengan eskotisme Tanjung Aan dijadwal liburan Anda selanjutnya? Worth to try, dude!