Sebuah tuntutan dilayangkan oleh para mahasiswa Universitas Zimbabwe baru-baru ini. Pasalnya, universitas tersebut memberikan gelar doktor kepada istri dari presiden negeri itu, padahal baru belajar selama satu bulan.

Seperti yang dilansir oleh kantor berita AFP, istri presiden Zimbabwe yang bernama Grace Mugabe tersebut, mendapatkan gelar tertinggi di universitas tersebut hanya dalam kurun waktu satu bulan. Hal tersebut tentu merupakan sebuah penghinaan terhadap institusi, mahasiswa, dosen dan perangkat kampus yang lainnya, ungkap salah satu mahasiswa yang bernama Gilbert Mutubuki tersebut.

Menurut Gilbert, gelar tersebut sepertinya hanya digunakan untuk mendukung sepak terjang Grace di dunia politik. Banyak juga yang menilai jika hal tersebut digunakannya untuk mencalonkan diri sebagai seorang presiden. Tentu aja gelar doktor seperti itu mampu membuat orang lain percaya jika Grace adalah orang yang sangat kompeten.

Gilbert yang juga merangkap ketua presidium persatuan mahasiswa Zimbabwe, mengungkapkan jika seharusnya Grace malu menerima gelar doktor palsu tersebut. Umumnya, butuh waktu lebih dari dua tahun untuk mengambil program doktor. Namun yang terjadi di universitas tersebut bener-bener nggak logis.

Pihak universitas sendiri masih belum memberikan tanggapan apapun perihal berita ini. Namun dalam waktu dekat, rencananya Gilbert bakal mengajukan surat pernyataan.