Setelah resmi memenangi perolehan suara dalam pemilihan presiden, Jokowi udah dipastikan menjadi presiden setelah melalui banyak hal rumit. Tinggal menunggu hari aja hingga mantan Gubernur Jakarta ini resmi dilantik. Tapi, Jokowi sepertinya nggak bakal berubah sifat kesederhanaan serta aktivitas yang mendekatkannya dengan rakyat seperti blusukan.

Menjadi presiden bukan berarti nggak bisa melakukan aktivitas favoritnya tersebut. Tapi karena penjagaan yang lebih ketat serta nggak mungkin untuk mengunjungi setiap daerah satu persatu secara langsung, maka blusukan khas Jokowi digantikan oleh sebuah sistem yang bernama e-blusukan.

Jadi, e-blusukan ini adalah semacam media conference yang memungkinkan untuk berkomunikasi dua arah. Ditambah lagi dengan menggunakan internet, Jokowi yakin sistem ini bisa mencapai tempat yang jauh. Meskipun sistem ini sendiri masih dalam tahap uji coba, Presiden terpilih ini telah mencoba sistem sejenis yang ada di Menteng. Jika udah siap segala sesuatunya, maka segera dipasang di kantor kepresidenan.

Ketika ditanya mengenai e-blusukan, Jokowi memandang jika sistem ini sangat efektif untuk berkomunikasi dengan rakyat. Bahkan ketika sedang sibuk pun, mantan Wali Kota Solo ini mampu tetap menjalin komunikasi.

Dengan implementasi sistem ini, yakin deh Jokowi mampu mengetahui secara langsung apa yang terjadi di masyarakat tanpa perlu turun langsung ke banyak tempat tersebut. Good idea!