Sebagai orang yang peduli tentang pendidikan loe pasti tahu dong hari ini ada peringatan bersejarah buat negara kita? Yup, setelah ramai-ramai demo di May Day, sekarang saatnya loe concern dengan event negeri sendiri yang nggak kalah penting. Yup, hari ini juga diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Kalau hari penting kayak gini loe absen, maka loe nggak lebih nasionalis dari Google.

Kok bisa? Coba tengok doodle Google hari ini dan silahkan terkejut ketika mengetahui ada sosok yang mungkin loe kenal banget. Bener banget, Ki Hajar Dewantara. Kenapa Google begitu perhatian bahkan menyematkan foto tokoh bernama asli Soewardi Soerjaningrat tersebut?

Siapa yang menyangka jika sosok penting nusantara tersebut ternyata nggak hanya krusial untuk Indonesia tapi juga menginspirasi dunia. Kegigihannya memperjuangkan pendidikan di negeri ini ternyata sukses bikin dunia kagum. Buat loe yang kini udah lulus kuliah atau mengecap pendidikan yang lebih tinggi lagi patut mengapresiasi jasa beliau. Without him we are nothing, Bro!

© Merdeka

Lalu gimana keadaan pendidikan di negara kita sekarang ini? Apakah sesuai dengan yang beliau cita-citakan? Secara fasilitas mungkin udah memenuhi, tapi pendidikan sekarang nggak jauh beda dari perusahaan yang sekedar mencari laba dari konsumen. Pengen sekolah di tempat bagus dan prestisius, harus ada harga yang harus dibayar. Tentu aja nggak semua orang bisa menyanggupi hal tersebut. Pendidikan masih belum benar-benar merata dan timpang terutama di daerah-daerah.

Kalau dilihat dari prestasi sih oke banget, Bro. Setiap jenjang pendidikan di negeri ini udah punya prestasinya sendiri dan levelnya pun udah internasional. Harapan ke depannya, banyak sekolah bagus yang bisa menyesuaikan dengan tingkat ekonomi. Artinya, pendidikan nggak mahal dan bisa terjangkau oleh setiap orang. Kalau semua orang di Indonesia mendapatkan pendidikan yang baik bukan nggak mungkin negeri ini bisa ngalahin negara-negara maju. Let’s fight for it!