Lalu mendadak, mereka yang udah berumur itu, kudu perhatiin asupan makanan yang akan dikonsumsi, terutama rokok. Yup, rokok yang katanya bisa memperpendek umur itu. Agak susah emang bro, menemukan orang yang berumur di atas 90 tahun, tapi masih aja kekeuh mau ngerokok, apalagi udah punya ratusan buyut. Wuidihh, jarang banget!

Seperti Jeanne Calment, nenek asal Perancis yang meninggal pada tahun 1997 ini, udah lahir sebelum Alexander Graham Bell mematenkan telepon dan 14 tahun sebelum Alexandre Gustave Eiffel membangun menaranya di kota Paris. Kebayang kan, bro, gimana jadulnya itu orang.

Doi yang meninggal di usia 122 tahun, 164 hari, udah punya 11 anak, 120 cucu dan 250 buyut. Udah gitu, selama hidupnya, nenek ini adalah perokok aktif sejak berusia 21 sampai 117 tahun, bro. Dalam sehari, Calment mengkonsumsi rokok tidak lebih dari dua batang. Mengenai umurnya yang kelewat panjang itu, dengan pedenya dia berkata, “Tuhan pasti telah melupakan aku,” hihihi.

Sebagai warga negara Perancis, Calment meyakini tradisi setempat bahwa semua orang bisa mempunyai umur panjang, tapi dengan cara memakan coklat sekitar dua kilogram per minggu, mengolesi kulit dengan minyak zaitun serta sering-sering naik sepeda. Untuk yang terakhir, Calment masih melakukannya hingga doi berumur 100 tahun.

Dengan umur yang gak bisa dibilang muda itu, Calment masih memegang rekor Guinnes World Records untuk kategori Older Person Ever dan masih bertengger di posisi pertama mengalahkan nenek dan kakek yang berasal dari berbagai negara.

Nah, kalo loe mau punya umur panjang, gampang aja, bro. Intinya sih, harus perhatiin asupan makanan dan jamnya, terus jangan terlalu stress dalam menghadapi semua masalah serta hindarin deh tuh, prasangka yang buruk tentang rokok. Pokoknya, let it flow aja keleuus. Toh, yang menjalani semuanya kan loe, bukan orang lain. Tul gak? Hehehe..