Teknoup.com --- Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi pionir di bidang robotika. Salah satu inovasi terbarunya adalah dengan telah diciptakannya Kodomoroid dan Otonaroid yang merupakan robot android dengan bentuk menyerupai manusia.

Kedua robot android tersebut sedang dipamerkan di Miraikan Tokyo dan menjadi bagian dari acara 'Android: What is human?'. Kodomodroid bisa membaca berita dan laporan cuaca yang berasal dari seluruh dunia dan mengucapkannya dalam berbagai jenis suara dan bahasa. Sementara itu Otonaroid dikhususkan sebagai guide untuk pengunjung acara pameran tersebut.

Kedua robot didesain secara mendetail sehingga sangat mirip manusia, mulai dari kulit, bibir, hingga mata dan bagian lainnya. Tangan robot android tersebut juga bisa digerakkan namun lebih hanya untuk pemanis saja.

Kodomoroid dan Otonaroid akan menjadi bagian dari koleksi National Museum of Emerging Science and Innovation Jepang dan akan berinteraksi dengan para pengunjung yang akan digunakan untuk menambah data riset dalam interaksi antara manusia dan robot. Professor Ishiguro, seorang ahli robot Jepang yang telah mengembangkan robot selama lebih dari 20 tahun berharap riset tersebut dapat membantu untuk mengembangkan robot yang lebih cerdas dan bisa digunakan dalam berbagai keperluan yang lebih luas.