Merdeka.com --- Perkembangan robot dunia tengah menanjak pesat, mulai dari robot pabrik hingga humanoid dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar di bidang teknologi.

Untuk menandai pencapaian ini, Jepang berharap bisa jadi negara pertama yang menggelar adu robot internasional.

Dikutip dari The Telegraph (20/07), Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, telah mengungkapkan minat Negeri Sakura untuk menggelar olimpiade robot pertama. Dalam gelaran tersebut pihaknya ingin robot-robot terbaru dan tercanggih bisa unjuk gigi.

"Kami ingin membuat robot berperan aktif sebagai pilar utama dalam strategi peningkatan ekonomi Jepang," tambah Abe, "kami juga siap untuk membuat dewan tersendiri untuk melakukan revolusi pengembangan robot untuk membantu pertumbuhan Jepang."

Tak salah bila Abe berharap teknologi robot Jepang bisa berkembang lebih pesat, mengingat negara tersebut tengah menghadapi masalah 'penuaan' yang menyerang warganya. Ya, regenerasi warga Jepang sangat kurang sehingga jumlah usia kerja terus menurun. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan robot untuk menggantikan manusia.

Sedangkan tahun 2020 dipilih sebagai tahun yang paling tepat oleh Abe untuk menggelar olimpiade robot pertama. Ternyata di tahun 2020 jepang juga bertindak sebagai tuan rumah acara Olimpiade Musim Panas.

Pada pernyataan yang diberikan ketika berkunjung ke pabrik robot di Tokyo dan Saitama, Perdana Menteri Abe tak lupa memberikan persetujuan untuk produksi sebuah robot kasur yang bisa berubah menjadi kursi roda yang mudah untuk digunakan.