Meskipun sangat dibenci karena membuat negara ini krisis untuk pertama kalinya pada tahun 1998, namun nggak dipungkiri jika Soeharto memiliki kebijakan yang nggak dimiliki oleh beberapa presiden setelahnya. Bahkan beberapa masyarakat ternyata merindukan sosok pemimpin sepertinya untuk saat seperti ini.

banner-ads

Nah, berikut adalah beberapa kebijakan Soeharto yang bisa seringkali dibanggakan.

Utang hanya pelengkap

Fuad Bawazier selaku menteri keuangan pada masa pemerintahan Soeharto, mengatakan jika pada masa itu utang hanya digunakan sebagai pelengkap aja. Jumlahnya juga jauh lebih kecil daripada saat ini. utang yang dilakukan juga memiliki jangka yang panjang hingga nggak memberi beban kepada perekonomian rakyat saat itu.

Punya kekuatan di dunia

Pada masa kepemimpinannya, banyak negara-negara luar yang diklaim sangat bergantung kepada Indonesia. bahkan keberadaan Indonesia pada saat itu merupakan salah satu yang paling penting bagi perekonomian dunia.

Swasembada pangan

Salah satu kebijakan yang paling keliatan dari era Soeharto adalah swasembada pangan. seperti pada tahun 1992-1993 petani yang udah swasembada kedelai di Indonesia. namun saat ini, Indonesia masih lebih banyak bergantung kepada impor untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyatnya.

Rakyat berharap jika pemimpin terpilih saat ini lebih bijak dalam menentukan keputusan apapun. Salah satunya dengan mencontoh apa yang udah dilakukan oleh Soeharto.