Hari ini tim SAR gabungan akhirnya menemukan lokasi pesawat Trigana Air yang jatuh dalam penerbangan dari Sentani menuju Oksibil. Puing di wilayah perbukitan sekitar Kampung Oksop, dekat Oksibil. Tim SAR gabungan langsung melakukan pengangkatan korban menuju bandara Oksibil dan untuk identifikasi lebih lanjut di Jayapura. Black box pesawat juga telah ditemukan untuk investigasi lebih lanjut.

banner-ads

Lokasi jatuhnya Trigana Air cukup terpencil, sehingga tim rescue mesti membuat helipad sendiri untuk mendatangkan bantuan dan personel ke lokasi. Lebih dari 250 orang terlibat dalam operasi pencarian pesawat Trigana Air yang hilang dalam penerbangan antara Sentani-Oksibil (16/8). Tim SAR gabungan menghadapi medan bergunung-gunung yang berat. Mereka mengerahkan 11 pesawat untuk menemukan lokasi pasti jatuhnya pesawat.

Pesawat Trigana, membawa 54 penumpang dalam penerbangan ini. Terdiri dari 44 oenumpang dewasa, 5 kru dan 5 anak-anak. Minggu sore, sejumlah penduduk mengaku menyaksikan peswat jatuh di pegunungan. Pencarian sempat ditunda hingga Senin karena cuaca buruk.

Selain korban jiwa, pesawat dikabarkan juga membawa uang tunai senilai kurang lebih Rp 6,5 miliar, yang rencananya akan digunakan untuk program penanganan kemiskinan di kawasan Papua.