Kesal dan marah mungkin adalah hal yang dirasakan oleh Henk Zanoli, pria berusia 91 tahun asal Belanda. Pasalnya keluarganya yang tinggal di daerah sekitar jalur Gaza terbunuh secara tragis oleh jet-jet Israel yang menyerang Gaza kala itu.

Seperti yang dilansir oleh Russia Today, sebagai bentuk kekecewaan, kemudian Henk mengembalikan medali kehormatan yang pernah ia dapatkan dari Israel. Penghargaan yang berupa koin dan medali itu ia kembalikan ke tempat di mana ia dulu menerimanya, yakni kedutaan besar Israel di Den Haag, Belanda.

Medali kehormatan tersebut ia dapatkan karena telah menyelamatkan seorang bocah Israel dari kejaran pasukan Nazi selama tiga tahun mulai dari 1943 hingga 1945. Seperti ngga percaya terhadap balasan yang ia dapatkan, empat generasi keluarganya di Gaza terbunuh begitu saja.

Henk memiliki hubungan dengan keluarga yang berasal dari Gaza lantaran cicit keponakannya yang bernama Angelique Ejipe yang seorang diplomat Belanda, menikah dengan Ismail Ziadah ahli ekonomi Palestina yang lahir dan tinggal di kamp Al-Buraij.

Sekitar sebulan lalu, sebuah jet tempur menyerang kediaman Ziadah dan menewaskan enam orang termasuk seorang nenek dan seorang anak laki-laki berumur 12 tahun. Namun begitu ia tetap berharap Israel akan segera menghentikan hal tersebut dan segera berdamai dengan Hamas.