Kapan loe terakhir baca buku? Buat loe yang udah lama lulus kuliah, baca buku rasanya mungkin agak malas. Karena mungkin loe lebih prefer buat nonton film aja atau main game misalnya di waktu luang.

Tapi kalau loe belakangan merasa kurang konsentrasi ataupun merasa susah tidur, kayaknya perlu deh mulai buat baca buku lagi. Terutama sebelum tidur bro karena ternyata banyak manfaatnya.

1. Konsentrasi loe makin maksimal



Baca buku sebelum tidur jauh lebih baik untuk bikin loe lebih fokus dan konsentrasi kalau dibandingkan dengan bermain game bro. Karena otak akan dibuat memproses informasi yang kita baca tanpa bantuan alat visual apapun. Hanya mengandalkan imajinasi dan visual yang muncul dengan sendirinya dari apa yang dibaca.

2. Makin kreatif dan "tajam"



Otak akan dibuat lebih kreatif dengan membaca sebelum tidur. Ada banyak penelitiannya bro kalau pengusaha akan punya ide lebih banyak dan semangat untuk menjalankan usaha dan proyek mereka karena membaca sebelum tidur. Ketajaman berpikir juga akhirnya akan terasah nih!

3. Mengurangi stres banget



68 persen stres loe dijamin akan berkurang karena membaca buku sebelum tidur. Hal ini sudah dibuktikan oleh riset dari Universitas Surrey di Inggris. Bahkan ini jauh lebih efektif untuk mengurangi tingkat stres dibandingkan dengan jalan-jalan. Wah!

4. Belajar dari perspektif orang lain



Banyak membaca membuat kita tahu banyak hal. Melihat dunia dari sisi yang berbeda sesuai penggambaran penulis. Secara nggak langsung kitapun belajar banyak hal tentang perspektif bro. Kisah-kisah fiksi yang loe baca akan membuat loe mengerti dan lebih empati dengan keadaan orang lain.

5. Obat tidur nyenyak paling efektif



Ada alasan kenapa anak-anak suka mendengarkan cerita sebelum tidur. Karena ternyata ini membuat mereka tidur lebih nyenyak. Itu berlaku juga buat loe yang sudah dewasa dan memilih untuk membaca buku sebelum tidur. Karena tidur loe akan lebih berkualitas dan lebih baik.