Setiap naik pesawat, loe pasti diingatkan untuk menonaktifkan telepon genggam. Sebelum pesawat lepas landas, pengumuman ini kembali terdengar untuk memastikan semua penumpang melakukan hal tersebut.

Ponsel kekinian atau smartphone sekarang sudah punya mode penerbangan (Airplane Mode). Yang membuat loe nggak perlu lagi harus mematikan total ponsel saat sedang dalam penerbangan.

Memangnya kenapa sih?



Ini adalah hal yang penting bro. Menurut Federal Aviation Administration (FAA), frekuensi radio dari ponsel ataupun gadget lain yang membutuhkan sinyal transmisi akan sangat mengganggu proses navigasi pesawat.

Hal ini berkaitan juga dengan keselamatan loe dan semua orang yang ada di dalam pesawat itu. Makanya jangan takut buat negor mereka yang bandel!

Tapi gimana kalau lupa mengaktifkan Airplane Mode?



Ponsel loe akhirnya akan bekerja dan terus bekerja untuk mencari sinyal dari menara komunikasi terdekat. Yang berujung dengan baterai ponsel menjadi terkuras habis karena usahanya mencari sinyal.

Kalau memang pesawat yang loe tumpangi menyediakan Wi-Fi, loe juga tetap harus mengaktifkan mode penerbangan ini. Alasannya, sinyal Wi-Fi onboard tidak terhubung dengan menara komunikasi di daratan, tetapi langsung ke satelit. Sehingga sinyal ini juga nggak akan mengganggu navigasi bro.