Upaya pemerintah untuk makin mempertegas peraturan perihal aktivitas kelautan oleh pihak asing nampaknya makin terlihat. Hal tersebut dibuktikan dengan ditangkapnya beberapa kapal asing yang diduga kuat melakukan kegiatan ilegal berupa penjarahan ikan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, yang kerap melakukan hal tindakan tegas perihal aktivitas ilegal kelautan. Terakhir, ia berhasil membuat angkatan laut menangkap sekitar 61 anak buah kapal asal Thailand.

Hal ini tentu aja membuat kapal asing menjadi ketir. Termasuk kapal-kapal Malaysia yang selama ini emang sering banget bersengketa soal batas perairan dengan Indonesia. Kabar terbaru juga mengatakan jika TNI berhasil menangkap ratusan nelayan malaysia yang tengah melakukan aktivitas ilegal. Ada sekitar 200 orang dan masih ditahan hingga saat ini.

Prestasi awal yang cukup bagus ini pun disambut Presiden dengan apresiasi tinggi. Jokowi juga mengingatkan untuk selalu meningkatkan pengawasan di daerah laut, serta menangkap berapa pun pihak asing yang tengah tertangkap tangan melakukan aktivitas penjarahan. Presiden juga sempat kecewa gara-gara TNI hanya bisa menangkap sekitar empat pelaku illegal fishing, padahal kemungkinannya bisa lebih.

Meskipun begitu, ketegasan ini pastinya bakal mampu membuat pihak asing untuk berpikir ulang jika melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia. Pasalnya, selain melakukan penangkapan, Presiden juga mengijinkan TNI untuk melakukan penenggelaman kapal jika si pelaku emang terbukti melakukan hal yang dilarang tersebut.