Silakan cek kalender anda. Sejatinya, ada 15 hari libur nasional dan 4 hari cuti bersama di tahun ini. Masih terasa kurang? Jangan khawatir. KICKFEST 2015 akan menambahkan hari libur anda sebanyak 9 hari di Malang, Bandung, dan Yogyakarta, mulai September hingga November mendatang.

Liburan selalu merupakan antithesis dari rutinitas. Liburan berarti menyenangkan, sedangkan rutinitas adalah membosankan. Liburan juga selalu mensyaratkan masa santai, bersenang-senang dan beroleh pengalaman baru.

Tapi liburan pun tentu mesti bermanfaat. Ini adalah ice breaker dari rutinitas, tak berarti bisa lewat begitu saja tanpa bekas. Harus ada yang terdampak, harus ada yang berubah dan tersegarkan, hingga akhirnya harus ada yang dibuat kangen untuk mengulang kembali pengalaman liburan yang menyenangkan ini. Kurang lebih nuansa seperti itulah yang ditawarkan KICKFEST 2015 di tiga flagship cities, Malang-Bandung-Yogyakarta.

Konsep liburan ini pula yang akan menjadi pengalaman berbeda dibandingkan dengan penyelenggaraan Kickfest terdahulu. KICKFEST 2015 dirancang dalam ambience dan fitur yang atraktif dan ekspresif. Ambience dan fitur tersebut diturunkan melalui rangkaian kegiatan pre-event dan event yang berkesinambungan, sehingga membuka interaksi yang baik antara brand, industri kreatif, dan masyarakat pada umumnya.

Di KICKFEST 2015, (tambahan) liburan ini berarti fashion, kuliner, musik, komunitas, dan leisure.

Pre-event
Pada pre-event, KICKFEST 2015 menggelar forum diskusi antara pelaku bisnis independen dengan mahasiswa sebagai salah satu sumber daya terbesar dalam pergerakan kaum muda. Diskusi bertemakan “Peranan Industri Kreatif Menghadapi MEA 2015” ini akan digelar di tiga kota tempat KICKFEST 2015 berlangsung.

Masih di pre-event, KICKFEST 2015 juga menawarkan pengalaman baru melalui keberadaan Kickbox sebagai teaser yang ditempatkan di kampus, sekolah, atau area publik yang berbeda sejak H-14, di masing-masing kota penyelenggara. Kickbox berwujud tenda eksibisi ini adalah miniatur dari KICKFEST 2015, berisi KICKFEST 2015 Memorabilia, penjualan pre-sale ticket, happening art activities, dan lainnya.

Tahun ini, KICKFEST 2015 akan meramaikan dunia digital melalui berbagai kegiatan interaktif. Salah satu yang di-highlight berupa Jingle Competition secara daring, di mana jingle pemenang akan dijadikan official jingle KICKFEST 2015.

Sebagai sebuah event tahunan yang selalu ditunggu kehadirannya, KICKFEST 2015 juga membuka lapangan kerja dan memberikan kesempatan bagi anak muda untuk memperoleh pengalaman baru dengan menjadi volunteam KICKFEST 2015.

D-Day
Saat event, lima aspek fashion, kuliner, musik, komunitas, dan leisure, dilengkapi gimmick, dikemas compact sekaligus saling mendukung keberadaan satu sama lain. Dengan keikutsertaan lebih dari 100 brand clothing lokal seluruh Indonesia, dan kehadiran sekitar 85 distro booth di setiap kotanya, KICKFEST 2015 semakin menegaskan tradisi sekaligus ciri khas dari acara yang pertama kali digagas oleh Kreative Independent Clothing Kommunity (KICK) ini.

Panggung musik akan diisi dengan semangat independen melalui penampilan tiga musisi indie Nasional dan lebih dari 30 musisi lokal di setiap kotanya.

SimPati KICKFEST 2015 juga memberikan kesempatan bagi pengusaha kuliner lokal untuk berpartisipasi sebagai pengisi food tenant. Bukan sekadar tenant, KICKFEST 2015 juga membuka ruang bagi Food Truck “parkir” dan menjajakan makanan dan minuman kreasinya.

SimPati KICKFEST 2015 adalah acara yang berlandaskan semangat komunitas. Oleh karena itu, area komunitas juga disediakan untuk semakin memacu gairah komunitas-komunitas ini di setiap kota. Street Art Performance, Photo Corner dan Indie Movie adalah spot-spot komunitas yang menarik dan dikemas secara interaktif.

Melalui aspek leisure, KICKFEST 2015 ingin menyampaikan pesan bahwa ada banyak alternatif destinasi dan konsep liburan, yang bisa dinikmati bersama keluarga, teman, sahabat, atau pasangan. Liburan yang mudah dijangkau dan murah. KICKFEST 2015 memfasilitasinya melalui tiga kota wisata, Malang-Bandung-Yogyakarta. Menggandeng Smailing Tours & Travel sebagai travel management expert di Indonesia, liburan a la KICKFEST 2015 akan lebih berkesan lewat paket liburan domestik yang ditawarkan dengan harga menarik!

Untuk memeriahkan liburan ini, KICKFEST 2015 menyiapkan program-program tambahan seperti auction program yaitu lelang terbuka produk-produk dari tenant peserta KICKFEST 2015. Selain itu ada juga program Happy Hours yang membagikan kupon undian berhadiah untuk pengunjung yang bertransaksi, serta tak lupa tersedia pula kids area yang mengukuhkan event ini sebagai one-stop-holiday.

Interlude
Memasuki tahun ke-9 penyelenggaraannya, event ini kian mengukuhkan diri sebagai pionir pergerakan industri kreatif dalam bidang fashion, sekaligus menjadi acara terbesar yang berhasil menebarkan kecintaan dan mengokohkan eksistensi produk dalam negeri Indonesia.

Dari tiga hari penyelenggaraan, Kickfest berhasil membukukan perputaran transaksi rerata lebih dari 5 Miliar Rupiah setiap tahunnya. Sebuah sumbangan yang tidak sedikit untuk industri lokal, termasuk juga pendapatan daerah.

Sejak digelar pertama kali tahun 2006, tercatat satu juta pengunjung, 200 local brand, 1000 performer, ratusan sponsor dan media partner, Kickfest—yang beberapa tahun belakangan selalu didukung Telkomsel—adalah event skala besar yang selalu ditunggu kehadirannya setiap tahun.

Jelaslah sudah. KICKFEST 2015 bukan saja adalah sebuah event, tapi lebih dari itu, telah menjadi merek dari sebuah gerakan.

Gerakan untuk semakin memajukan dan mencintai produk lokal Indonesia, tanpa harus berpanjang-panjang bicara dan berjargon, tapi langsung terlihat melalui tindakan nyata. Straight to the point.

Tentang MCI Groups
Tahun ini, KICK sebagai penggagas sekaligus pemilik brand Kickfest menggandeng MCI Group sebagai organizer, sebuah perusahaan event management yang berpusat di Jenewa, Swiss, melalui representative office-nya di Indonesia. Bersama MCI Groups, KICKFEST 2015 mantap menjajal tiga kota, Malang-Bandung-Yogyakarta.

MCI Groups adalah perusahaan event management yang telah berpengalaman dalam membentuk keterlibatan dan aktivasi berbagai audiens sejak tahun 1987, melalui berbagai inovasi pertemuan, acara, kongres, konser, product launching, eksibisi, CSR maupun manajemen asosiasi. MCI Groups memiliki kantor di lebih dari 30 negara di Eropa, Amerika, Asia-Pasifik, India, Timur Tengah dan Afrika, dan melayani berbagai proyek untuk klien di seluruh dunia.

Melalui berbagai saluran baik langsung maupun melalui pengalaman hibrid dan digital, MCI Groups membantu perusahaan dan asosiasi untuk secara strategis terlibat dan mengaktifkan target khalayaknya, membangun komunikasi online dan offline sehingga membangun dedikasi market yang mereka butuhkan untuk memperkuat merek dan meningkatkan kinerja.

MCI Group membantu perusahaan untuk menciptakan, mewujudkan sekaligus mengukur dampak dari berbagai kegiatan meeting, event dan insentif. Untuk asosiasi, MCI Group merancang, mengatur dan berinovasi dalam pengemasan berbagai kongres dan membantu menumbuhkan aset dan keanggotaan mereka.

KICKFEST 2015
Malang
4-6 September 2015
Lapangan Rampal

Bandung
16-19 Oktober 2015
Lapangan PPI – Pussenif

Yogyakarta
13-15 November 2015
Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida