Udah denger banyak curhatan orang kan kalo bikin SIM di Indonesia kini udah mulai tertib banget. Lo nggak layak lulus ya bakal ngulang-ngulang.

Nah negara lain udah lama tertib bro dan strict banget urusan izin mengemudi. Wajar karena urusannya nyawa kalo nggak bener berlalu-lintas.

Jangan ngeluh, justru semangat biar bisa lulus tes SIMnya. Asal lo tahu di Australia bisa jadi negara tersulit bikin SIM.



Pemohon bisa saja baru mendapatkan SIM-nya setelah empat tahun pengajuan dengan ratusan jam dan pelatihan serta tes terlebih dahulu. 

Ada lagi Denmark. Di bagian negara skandinavia itu, bahkan ujian praktik bikin SIM salah satunya harus melewati jalan es. Kebayang nggak lo? Harganya buat SIM juga gila kantong tipis, mencapai Rp 20 jutaan!

Brasil juga negara paling ribet urusan penerbitan SIM. Lo nggak layak ya nggak lulus. Di sana para pemohon SIM harus mempelajari teori berkendara selama 45 jam terlebih dahulu dan mempelajari praktik menyetir selama 20 jam.

Gimana, masa gitu aja lo ngeluh di Indonesia baru tertib?