Sebagai warga negara yang baik, udah merupakan suatu kewajiban untuk tunduk dan patuh terhadap semua perintah dan kewajiban yang diberlakukan. Nggak hanya itu aja, pengetahuan tentang atribut negara seperti misalnya lambang, lagu negara, Undang-Undang Dasar dan juga Pancasila juga merupakan hal yang wajib, minimal seseorang harus hapal poin-poinnya.

Alih-alih memberikan contoh yang baik, beberapa pejabat diketahui nggak mampu menyebutkan secara lengkap sila-sila yang ada di dalamnya. Nah, berikut adalah ulasannya.

Wali Kota Batam

Dalam sebuah upacara bendera untuk memperingati Hari Guru yang jatuh pada hari Selasa kemarin, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, diketahui salah dalam melafalkan Pancasila. Pasalnya, setelah menyebut sila yang pertama, ia langsung membaca poin yang ketiga. Sontak, hal ini membuat hadirin bingung. Atas kejadian ini, Wali Kota pun menyalahkan pegawainya karena nggak menyiapkan teks Pancasila terlebih dahulu.

Bupati Magetan

Nggak hanya Ahmad dahlan, Bupati Magetan, Sumantri, pun melakukan kesalahan yang sama. Saat melakukan upacara peringatan Hari Amal Bhakti yang ke-67, sang Bupati langsung menyebut sila pertama dengan Persatuan Indonesia.

Gubernur Riau

Meskipun memegang teks Pancasila, nggak mencegah Bupati Riau ini untuk melakukan kesalahan. Ketika menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Pahlawan pada tahun 2008 silam, Gubernur yang bernama Wan Abubakar ini hanya membaca empat dari dari lima sila yang ada.

Entah apa alasannya, hal ini tentu aja menjadi sesuatu yang sangat memalukan.