Sebagai negara kepulauan yang terbagi menjadi banyak sekali daerah, Indonesia punya puluhan hingga ratusan suku yang masing-masing punya adat yang berbeda. Nah, salah bagian dari budaya mereka yang paling menarik untuk diulas adalah hal-hal yang berbau klenik atau mistis. Seperti yang kamu tahu, beberapa kota di negeri ini emang masih kental banget dengan nuansa tersebut.

Berikut ini adalah kota-kota di Indonesia yang punya julukan berbau mistis paling kuat.

Banyuwangi kota santet

Kamu pasti udah 'ngeh' banget nih dengan rumor yang mengatakan jika Banyuwangi sangat identik dengan hal-hal berbau santet. Peristiwa yang makin menguatkan anggapan ini adalah kejadian pada tahun 1998 lalu. Diketahui, pada saat itu sekitar 100 orang lebih dibunuh karena kuat diduga memiliki ilmu santet.

Banten identik dengan debus

Udah sangat lama Banten terkenal dengan kesenian debusnya. Bahkan atraksi yang ternyata adalah bagian dari seni pencak silat ini udah ada sejak zaman pemerintahan Sultan Maulana Hasanudin pada tahun 1532. Ada anggapan pula yang mengatakan jika hal unik tersebut berasal dari Timur Tengah yang kemudian dibawa oleh para pedagang asing ke pulau Jawa paling barat ini.

Pati kota dukun

Sebutan yang nggak kalah seram adalah Pati dengan julukan kota dukunnya. Bahkan kota ini bisa dianggap sebagai pusat bisnis gaib, khususnya di bagian kabupatennya. Rumor ini makin diperkuat dengan ditemuinya banyak baliho besar di tiap sudut kota yang berisi iklan alternatif pemecahan masalah.

Meskipun terkenal sangat erat dengan suasana mistis, kota-kota tersebut punya hal-hal menarik lain yang bisa banget jadi alternatif destinasi wisata keren.