Lebih dari 10.000 orang  telah dievakuasi dari kota pelabuhan Valparaiso, Chile. 

Sedikitnya dari kebakaran besar ini sudah menewaskan 12 orang. 

Sebanyak 1.200 petugas pemadam kebakaran memerangi kobaran api yang besar, yang telah menghancurkan ratusan rumah sejak Sabtu April, 12, 2014.

Presiden Chile , Michelle Bachelet, mengumumkan keadaan darurat memerintahkan pasukan untuk mengevakuasi kearah barat Santiago 110km (70 mil) dari zona bencana di kawasan yang dilalap api.

Serta mengerahkan pasukan bersenjata ke jalan-jalan kota untuk menjaga ketertiban dan mencegah penjarahan. Pihak berwenang menyediakan tempat-tempat penampungan.

Kuat angin pantai Pasifik telah mendorong api lebih dalam hingga ke Valparaiso, Kota yang dibangun di tanah yang curam dan dipisahkan oleh jalan-jalan sempit berliku, membuat pekerjaan petugas pemadam kebakaran semakin sulit.

Banyak warga dikatakan menderita menghirup asap, beberapa orang menyatakan kebakaran ini sebagai "Bencana Terburuk" yang pernah dia lihat.

Ini adalah keadaan darurat kedua yang Presiden Bachelet harus menghadapi di bulan pertama masa jabatan kedua di kantor, setelah gempa 8,2 melanda Chile utara pada tanggal 1 April.

1

2

3

4

5

6

7

 

sumber: BBC News