Udah tertulis dalam sejarah tentang kehebatan seni bangun manusia di dunia. Pasti udah tahu banget deh banyak bangunan-bangunan keren masa lampau, meskipun saat itu masih belum tercipta teknologi konstruksi seperti sekarang ini. Salah satu yang paling menyita perhatian adalah Ksar Ouled Soltane yang ada di kota Tataouine, sebelah selatan Tunisia.

Ksar Ouled Soltane adalah bangunan yang berbentuk seperti rumah-rumah berjajar kuno yang terbuat dari batu-bata. Fungsinya sendiri, diketahui sebagai lumbung untuk menyimpan bahan-bahan makanan seperti biji dan buah-buahan.

Keunikan dari bangunan ini adalah bahan-bahan pembuatannya yang hanya menggunakan batu bata serta lumpur. Tapi, konstruksinya kuat bahkan bertahan hingga saat ini. Walaupun emang ada beberapa bagian yang udah rusak.

Uniknya lagi, bangunan ini letakkan di atas bukit. Sehingga menyulitkan para pencuri dan perampok jaman dulu untuk mengambil hasil produksi mereka kala itu. Ksar Ouled Soltane ternyata nggak hanya digunakan sebagai lumbung aja, tempat ini juga digunakan sebagai tempat pertemuan para penduduk dan juga tempat tinggal.

Mulai dibangun pada abad 15, hingga saat ini tercatat udah sekitar 400 bangunan rumah yang sukses berdiri. Menariknya, hal tersebut membuat para sineas dunia memanfaatkan bangunan ini. Salah satunya adalah dijadikan Ksar Ouled Soltane sebagai tempat tinggal Anakin dan ibunya dalam film Star Wars. Cool!