Yoi Bro, ngerayain hari lebaran sama orang-orang terkasih di kampung halaman emang udah jadi budaya yang mendarah daging di Indonesia. Buat nyambut hari raya umat Muslim itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) biasanya nyiapin banyak armada dan tiket buat ngatasin ngebludaknya permintaan masyarakat buat pulang ke kampungnya. Tapi kayaknya masalah tiket ini emang gak bakalan pernah bisa selesai Bro. Pasalnya PT. KAI ngumumin kalau tiket kereta reguler H-7 sampe H-1 lebaran udah abis kejual dari Kamis (9/5) kemarin. Duh! Padahal lebarannya aja masih lama, tiketnya udah abis dari sekarang aja. Tiket-tiket yang udah ludes kejual itu buat jurusan Jakarta-Jogja, Jakarta-Bandung sama Jakarta-Semarang Bro. Buat Loe yang berencana buat pulang ke kampung halaman Loe di daerah sana, kudu pinter-pinter cari akal deh nih. Ludesnya tiket kereta ini udah di konfirmasi sama Humas KAI Daerah Operasi 1 Sukendar Mulya. Padahal doi juga bilang kalau KAI nyediain 19-20ribu tiket buat keberangkatan setiap harinya. Tiket buat kelas ekonomi rata-rata dipatok seharga Rp 120.000 dan bakal dijual sampe tanggal 23 Mei nanti. Tapi kayaknya gak sampe tanggal segitu juga bakalan udah ludes-des ye Bro. Padahal PT. KAI udah nyiasatin cara pemesan tiket dengan ngebatesin cuma ngejual satu jenis tiket keberangkatan tiap harinya, dan ngeharusin pembeli tiket nunjukin KTP dan formulir yang ada di stasiun buat ngebeli tiketnya. Prosedur penggunaan KTP ini dijalanin buat ngehindarin calo yang biasanya bertebaran di musim mudik kayak gini. Kayak yang dialamin Andre Ramadhan Bro, doi gak kebagian tiket buat pulang ke kampung halamannya di Jombang. Padahal doi udah empat hari berturut-turut dateng ke stasiun kota Jakarta buat mesen tiket. Cepet ludesnya tiket kereta kayak gini disinyalir karena sekarang tiket udah bisa dibeli secara online tanpa perlu lagi dateng ngantri di stasiun kayak dulu. Pemudik bisa beli kupon tiket kereta api mereka di Alfamart, Indomaret atau Kantor Pos terus ditukerin di beberapa stasiun yang punya fasilitas online menjelang hari keberangkatan nanti. Nah, stasiun-stasiun yang bisa dilakuin penukaran tiket online itu antara lain stasiun Jakarta Kota, Gambir, Jatinegara, Senen, Tanah Abang, Tanjung Priok, Bekasi sama Cikampek Bro. Buat Loe yang berencana mau mudik jalur darat pake transportasi umum, buru-buru dah cari alternatif lain biar bisa sampe ke kampung halaman! Sumber: tempo.co