Gempa sebesar 7,9 skala richter itu meluluhlantakkan berbagai bangunan bersejarah dan menewarkan lebih dari 1.800 orang. Ribuan masih hilang dan terperangkap, serta setidaknya belasan orang juga kehilangan nyawa di Gunung Everest. Sedih banget ya, Bro :(

Tercatat, gempa ini adalah yang terbesar sejak 80 tahun yang lalu. Nepal benar-benar berada dalam krisis. Jalanan tiba-tiba menjadi chaos karena orang-orang berlari dan berteriak ketakutan.

Kondisi Khatmandu pun rusak berat. Ratusan korban tewas dievakuasi di jalanan, termasuk di depan Menara Dharhara, bangunan setinggi 9 lantai yang ikut ambruk. Basecamp di Gunung Everest porak poranda.

Selain itu, ibukota India, New Delhi, dan sejumlah kota lain di sebelah utara India, serta Cina, juga merasakan guncangan saat gempa terjadi.

Akibat kejadian ini, Uni Eropa langsung sigap mengucurkan bantuan senilai 3,9 juta dolar untuk Nepal. Berbagai organisasi kemanusiaan dan LSM internasional juga berdatangan ke beberapa tempat di Nepal dan sekitarnya.

Let's pray for Nepal ya, Bro.