Merdeka.com - Pemberitaan letusan Gunung Kelud, Kamis malam (13/2) beredar sangat luas di dunia maya bahkan telah menjadi perhatian dunia.

Bahkan situs media online luar negeri dan international seperti ABC.net.au, news.com.au, BBC,CNN, USA Today, dan Reuters telah melansir berita meletusnya Gunung yang berada di tiga wilayah administrasi di Jawa Timur ini.

Seperti ABC.net.au yang mengangkat berita dengan judul 'Hundreds of thousands evacuated, flights cancelled, as Indonesia's Mt Kelud volcano erupts' yang menjelaskan jika letusan Gunung Kelud telah menyemburkan abu vulkanik setinggi 17 kilometer yang mengharuskan ratusan ribu warga sekitar diungsikan.

Selain itu Reuters juga telah memuat meletusnya Gunung Kelud ini dalam artikel 'Volcano erupts in Indonesia's Java island; airports closed' dan CNN yang memuat berita berjudul 'Indonesian volcano erupts on Java; 66,000 told to get out'.

Memang Indonesia saat ini tengah menjadi perhatian dunia terkait meningkatnya status beberapa Gunung Berapi dan meletusnya Gunung Sinabung dan terakhir Gunung Kelud saat ini.

Letusan Gunung Kelud malam kemarin membawa dampak yang signifikan. Selain mengharuskan ribuan warga mengungsi dan jalur Kediri - Malang ditutup. Dampak dari hujan abu vulkanik gunung ini juga mengakibatkan tiga bandara di Indonesia yaitu Bandara Juanda, Adi Soemarmo dan Adisucipto harus ditutup sementara.