Korea Utara adalah salah satu negara paling tertutup di dunia. Dengan segala hal yang menyangkut teknologi dibatasi. Bahkan internet dan gadget pun sangat terbatas penggunaannya di sini.

Sebuah foto yang diambil di sebuah pusat belajar anak-anak di Pyongyang mendadak bikin orang bertanya-tanya. Karena di salah satu sudut ruangan itu ada logo robot Android milik Google yang akrab disapa Bugdroid.

Bugdroid itu ada di antara kekosongan ruangan dan sebuah model rudal. Lho kok bisa ada di situ ya?



Dikutip dari The Verge, belum ada penjelasan yang masuk akal tentang kenapa Bugdroid dipajang di pusat belajar anak-anak yang sudah dibangun sejak tahun 1989 itu. Namun bisa dipastikan foto yang beredar tersebut diambil pada 4 April 2017.

Image Korea Utara yang tertutup dari segala teknologi makin bikin kehadiran Bugdroid di negara itu dipertanyakan. Walaupun sebenarnya kalau mau dikulik lagi, beberapa hal di bawah ini bisa jadi alasannya bro.



Korea Utara sempat dikunjungi oleh software engineer Eric Schmidt di tahun 2013 lalu. Bisa jadi Eric Schmidt yang memperkenalkan Korea Utara pada Android dan Google. Karena nggak berapa lama kemudian, Korea Utara mengumumkan perilisan smartphone Arirang yang berjalan dengan sistem operasi Android.

Sejak tahun 2014 Pyongyang Informatics Company juga mulai menjual tablet Android di bawah brand Ullim. Mungkin ini memang alasan kuat kenapa ada Bugdroid di sana ya.