Nggak cuma film horor doang yang akan nempel di kepala loe setelah menontonnya. Beberapa foto juga bisa banget bikin trauma. Apalagi kalau lukisan kuno.

 

Lukisan-lukisan ini fenomenal banget karena after effect-nya. Konon, loe yang melihat foto-foto ini akan merasa dihantui terus.

 

  1. The Scream

 

 

Lukisan ini sering muncul di banyak acara atau bahkan jadi meme di internet. Memang nggak mengerikan, tapi karya seniman Norwegia Edvard Munch ini akan membuat loe terbayang terus.

 

Ini adalah karya paling penting dari Munch karena menjadi sumber inspirasi bagi banyak pelukis lainnya di aliran yang sama. Objek utama dalam lukisan ini memang nyeremin sih. Kayak topeng pembunuh di film Scream.

 

  1. Badut Pogo

 

 

Badut nggak selamanya lucu. Badut seringkali bikin orang takut apalagi kalau dia psikopat dan pembunuh berantai. Lukisan badut Pogo ini pun salah satu yang menyeramkan. Dilukis oleh John Wayne Gacy, pembunuh berantai 33 pria dan anak remaja dalam sejarah Amerika.

 

  1. Lukisan Bill Stoneham

 

Seorang anak laki-laki berdiri di sebelah boneka perempuan yang terlihat hidup. Di belakangnya tampak tangan-tangan yang menempel di balik pintu kaca berwarna hitam.

 

Lukisan bernama The Hand Resist Him atau eBay Hauted Painting ini dibuat oleh Bill Stoneham di tahun 1972. Banyak yang melihat lukisan ini dan merasa dihantui oleh makhluk dari balik pintu pemilik tangan itu.

 

  1. The Nightmare

 

 

John Fuseli memamerkan lukisan ini kepada publik dan "menebarkan kutukan" untuk mereka yang akan tidur. Lukisan ini menggambarkan iblis laki-laki yang duduk di atas perempuan saat sedang tidur. Seperti fenomena ketindihan.

 

  1. Oei Hui Lan

 

Apa ada yang lebih nyeremin dari perempuan berkulit putih berambut panjang yang menatap loe seharian? Mungkin setelah menatap lukisan Oei Hui Lan ini, loe juga akan merasa diikuti terus oleh bayang-bayang wajahnya bro. 

 

Lukisan ini dipajang di Hotel Tugu, Malang. Pelukisnya tidak diketahui tetapi memang penampakannya sangat menyeramkan.