Merdeka.com --- Menjadi gamer profesional tidak semudah yang dibayangkan. Selain dituntut memiliki skill, seorang gamer juga harus memiliki pengetahuan yang mumpuni seputar dunia game online. Lantas, apakah hobi bermain game bisa dijadikan pekerjaan atau setidaknya mendatangkan penghasilan? Jawabannya "Ya". Seorang gamer profesional asal Jepang - yang biasa disapa Moru-chan - digaji 1 juta yen (atau sekitar Rp 112 juta) per 3 bulan untuk keahliannya bermain game online. Moru-chan pun menghabiskan sekitar 12 jam waktunya setiap hari untuk bermain ArcheAge.

Moru-chan sedang fokus bermain game

Melalui wawancara eksklusif yang dilakukan oleh RocketNews24, Moru-chan diketahui telah menekuni pekerjaan sebagai seorang gamer sejak lama. Kini dia dipilih oleh tim manajemen proyek ArcheAge. Syaratnya, tim meminta Moru-chan bermain ArcheAge selama tiga bulan dan kegiatannya tersebut harus dipertontonkan lewat live streaming Niconico setiap malam.

Keadaan kamar Moru-chan yang bersih dan rapi/Photo by RocketNews24

Ketika ditanya apakah Moru-chan merasa jenuh harus terkurung selama 3 bulan di apartemen, yang diberikan perusahaan untuknya, pria itu dengan tegas menjawab "Tidak sama sekali!". Terpilihnya Moru-chan untuk proyek tersebut bukannya tanpa alasan. Dulu, dia sering mengikuti berbagai game kompetitif di tingkat kelas dunia, sehingga sosoknya dianggap sebagai pilihan tepat untuk pekerjaan yang digelutinya sekarang. Namun, di samping kemampuannya duduk selama berjam-jam tanpa lelah di depan komputer, ada hal unik yang membedakannya dengan stereotip gamer pada umumnya.

Live streaming Niconico/Photo by RocketNews24

Sebagai contoh, apartemen Moru-chan sangat bersih dan rapi. Padahal, stereotip gamer hardcore umumnya dikenal jorok dan tidak rapi. Kamar gamer hardcore biasanya dipenuhi poster-poster game hardcore, kabel dari berbagai konsol game, dan bau tidak sedap dari pakaian yang tidak dicuci atau sisa makanan yang berserakan di kamar. Namun, itu semua tidak ditemukan di kamar Moru-chan. Semua tampak bersih dan tertata rapi. Bukan hanya itu. Ternyata, Moru-chan juga adalah seorang suami yang bahagia. Kenapa? Karena istrinya sepenuhnya mendukung gaya hidup Moru-chan sebagai gamer dan selalu bersorak dari pinggir lapangan. Berikut adalah jadwal kegiatan sehari-hari dari seorang gamer profesional: 12:00 : bangun, mandi, makan, mencuci pakaian 15:00 : bermain game 16:00 : memperbarui blog pribadi 18:00 : makan 19:00 : bermain game 21:00 : mulai live streaming 06:00 : pergi tidur Begitu seterusnya selama tiga bulan "Saya selalu meng-update blog pribadi saya dan masih berhubungan intens dengan sebagian besar teman-teman saya secara online," ungkap Moru-chan.