News

Makanan yang Harus Dihindari Selama Berpuasa

  • 01 July 2014
  • 261 views

Makanan-makanan enak yang harus dihindari selama berpuasa.

LAZONE.ID -

Talkmen.com --- Makanan-makanan enak yang harus dihindari selama berpuasa.

Makanan dan minuman yang tidak dianjurkan pada bulan puasa.   Makanan dan minuman ini bisa berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.  

Bulan puasa identik dengan makanan-makanan enak yang siap menggoda kita sejak adzan subuh hingga adzan maghrib tiba. Sore hari pun Nampak berbagai jenis makanan dan minuman segar siap dijajakan untuk melepas dahaga kita. Tetapi, ternyata banyak juga pantangan yang tidak ada salahnya untuk kita cermati, yang pastinya berhubungan dengan kesehatan kita.

Terkadang memakan sesuatu dengan kadar yang berlebihan memang bisa menjadi bumerang bagi diri kita sendiri. Bisa jadi itu menjadi sebuah penyakit yang akan membahayakan kesehatan kita kedepannya. Ya, sebisa mungkin cobalah untuk menghindari bahaya yang ada. Jangan pernah mau menanggung resiko untuk masalah kesehatan.

Lalu sebenarnya apa saja yang harus kita hindari dalam bulan puasa ini? TalkMen akan membantu Anda dalam menjabarkan apa saja yang sebisa mungkin Anda hindari dalam menjalankan puasa Ramadhan ini.

Coklat

 

Coklat memang bisa dikatakan sebagai salah satu zat terlezat yang ada di muka bumi. Coklat bisa dikatakan sebagai pembawa kebahagiaan, karena mengandung zat hormon endorfin yang bisa membuat Anda merasa bahagia layaknya sedang jatuh cinta. Tetapi coklat memiliki serat yang sulit untuk dicerna dan akan membuat perut terasa kembung.

Keju

 

Hasil fermentasi dari susu ini juga merupakan salah satu makanan enak yang ada di muka bumi. Pastinya Anda membayangkan satu Loyang pizza dengan keju yang meleleh diatasnya, atau mungkin satu Loyang martabak manis dengan parutan keju yang banyak ditambah dengan susu kental manis yang menggugah selera. Hmm, tetapi keju juga memiliki kadar serat yang tidak berbeda jauh dengan coklat, dimana keju akan sulit melewati pencernaan kita.

Gorengan

 

Berbagai jenis gorengan memang menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Mulai dari gorengan ala negeri sakura seperti tempura hingga gorengan khas Indonesia seperti tempe mendoan. Keduanya memang rasanya tidak bisa Anda tolak jika sudah berada didepan mata. Tetapi ada baiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak minyak karena dapat memicu asam lambung yang bisa berakibat fatal.

Cabe

 

Rasa pedas merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nafsu makan kita. Dengan campuran sambal, cabai, lada, ataupun merica, pastinya akan membuat makanan menjadi lebih menarik untuk disantap untuk sebagian orang. Tetapi ada baiknya hindari beberapa sumber rasa pedas ini saat bulan puasa, karena lambung Anda yang berada dalam keadaan kosong bisa rusak jika langsung Anda isi dengan makanan yang pedas. Dan rasa pedas juga bisa saja merusak dinding lambung yang sensitif.

Kopi

 

Walaupun tidak masuk dalam jenis makanan, kopi juga termasuk salah satu hal yang harus dikurangi selama bulan Ramadhan karena jika Anda mengonsumsi kopi terlalu banyak. Apalagi jika Anda meminum kopi setelah berbuka puasa, dimana sebelumnya lambung Anda kosong lebih dari 13 jam. Kandungan kafein yang tinggi diyakini berbahaya karena kopi akan membuat produksi asam lambung Anda membeludak dan akan menyebabkan rasa mual.

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...

Hangout Places

Seduh Kopi Lo di Ruang Seduh Kemang!

16 November 2017 160 views share
Inspiring People

Tokoh Sukses Dunia Ini Suka Makan-makanan yang Aneh

27 September 2017 944 views share