Talkmen.com --- Buatlah dia terkesan...sejak kencan pertama!

A good budget, your nicest clothes, and a hint of a good-smelling men's perfume. Sudah siap di hal-hal klise seperti itu bukan berarti kita sudah siap 100% untuk first date kita.

Banyak orang gagal setelah kencan pertama karena beberapa kesalahan kecil yang bisa terkesan trivial tapi akibatnya fatal. Berapa sering kita dengar atau bahkan alami sendiri - kencan yang bagi kita menyenangkan, tapi ternyata bagi sang wanita tidak.

Dan setelah kencan pertama yang gagal bagi si dia, tiba-tiba nama kita pun menghilang dari daftar BBM-nya, dia langsung unfriend dan unfollow atau bahkan block kita di jejaring sosial. Sering terjadi kan?

Nah, bila belum yakin 100% Anda sudah siap, jangan buru-buru pergi menjemput si dia dulu, guysYou better check these out first before you walk out of the door and pick her up. In fact, just when you decide to make the first move by asking her out on a date, these things are what you need to know to make that date perfect for you and for her.

1. YOU make the Call

Jangan ragu-ragu untuk memilih tempat kencan yang tepat.  

Menanyakan langsung apa yang diinginkan seorang wanita memang sifat yang gentle. Tapi ada sedikit pengecualian untuk first date. Untuk first date, akan menjadi nilai plus bagi kita di mata kencan kita apabila kita sudah menawarkan sebuah rekomendasi kencan terlebih dahulu. Ini bakal membangun image bahwa kita adalah seseorang yang prepared, dan mampu mengambil kontrol.

2. Try to suit Her RIGHT

Cari tahu dulu seperti apakah sifat dan kesukaan si dia.  

Akan jadi sangat awkward kalau kencan kita vegetarian, tapi kita bawa ke steakhouse, bukan? Atau dia seorang pecinta film romantis tapi kita bawa nonton Texas Chainsaw Massacre? Makanya guys, tidak ada salahnya menanyakan sedikit hal tentang kencan Anda sebelumnya. Jangan sampai karena kita salah memperlakukan dia, kita jadi dianggap egois dan tidak pedulian.

3. Messy Clothes make a Messed Date

Perhatikan penampilan Anda.  

Kencan Anda akan menilai Anda dari detik pertama. Maka, jangan lupa untuk menjaga penampilan Anda, apalagi untuk first date. Tidak perlu overdressed sampai pakai tuxedo! Cukup kemeja atau polo shirt, jam tangan, rambut rapih dan tentunya badan serta wajah yang bersih segar - your checklist is done. Dengan memberi penampilan yang baik untuk first date, kita terlihat menghargai dan peduli dengan kencan Anda. And yes.. it's absolutely going to be another PLUS point you score in her eyes!

4. Leave Your Phone ALONE

Simpan semua gadget di tempat yang aman dan pusatkan perhatian kepada si dia!  

Kalau kita rajin-rajin melirik atau mengangkat ponsel setiap 5 menit, sibuk mengetik SMS atau bermain dengan Blackberry selama first date, jangan heran kalau kencan Anda tidak akan berlanjut. Apabila Anda sedang berkencan, hanya ada satu hal di dunia ini yang perlu perhatian penuh Anda: KENCAN ANDA. And nothing else!

Focus not on your BlackBerry or iPhone - focus on the woman in front of you instead!

5. It's DIALOGUE. Not MONOLOGUE

Komunikasi itu dua arah, bukan hanya satu!  

Jangan sampai kita lebih banyak berbicara ketimbang dia. Efeknya cukup serius. Ini akan membuat kita terkesan sombong dan otomatis dia cepat jenuh dan bosan. Bicarakan hal-hal yang membuat dia tertarik, dan really listen to her. Laki-laki yang juga merupakan seorang pendengar yang baik mendapat nilai plus di mata wanita.

6. Exclude the Ex

Mantan? Apa itu mantan? Lupakan saja si mantan!  

Membicarakan mantan pacar saat first date sangat tidak direkomendasikan. Mungkin kita berpikir ini akan membuat kita kelihatan dewasa, tapi kenyataannya tidak. Kencan Anda tidak akan memberikan simpati apa-apa soal masa lalu kita. Fokuslah pada dirinya!

7. Treat is a MUST

A real gentleman pick the tab for the lady!  

This one is simple, guys. YOU pay the bill. Enough said. Mungkin pada akhir date Anda, kencan Anda menawarkan diri untuk share the bill. Apabila hal ini terjadi, just smile, dan jelaskan bahwa Anda sangat menikmati kencan tersebut, and it will be a pleasure to pay the bill. Percayalah guys, Anda akan memberikan kesan yang sangat dalam padanya.

8. A Kiss

Seal it with a kiss.  

Jika kita merasa yakin 100% bahwa dia bersenang-senang selama nge-date dengan kita, dan kita merasa dia layak untuk diajak membangun hubungan bersama yang lebih lanjut, and ONLY when the mood is right... Yes, then you can make the move to kiss her.

Jangan sampai salah baca mood, bisa-bisa Anda kena tampar bila dia menolak dicium.

9. Too Early For Sex

Sex or no sex - that is the question.  

Jangan tergesa-gesa untuk melakukan hubungan seks meskipun kita merasa telah memberinya sebuah kencan yang baik. Paling tidak, tunggulah hingga beberapa kencan berikutnya. Ini menunjukkan bahwa kita tidak ingin melakukannya dengan sembarangan orang dan ia akan semakin respect terhadap Anda.

10. The Real Date is The Day After

Takdir berlanjut atau tidaknya hubungan Anda, ada di tangan Anda!  

Setelah kencan selesai, jangan pikir semuanya selesai juga. Setelah kencan, pastikan kita meningkatkan intensitas interaksi kita dengan dia. Katakan bahwa kita senang sekali berkencan dengannya kemarin dan mungkin selang beberapa waktu, katakan kita ingin sekali melakukannya lagi dengan dia. Ini akan menunjukkan bahwa kita senang dan nyaman berada di dekatnya.

Happy dating, guys!