Hingga saat ini, mereka terlibat ribuan pembunuhan di benua Amerika. Tak hanya itu, Mara Salvatrucha juga menguasai 30 persen penjualan senjata, binis prostitusi dan narkoba di benua itu.

Mara Salvatrucha yang sering disingkat MS-13 pertama kali dibentuk pada 1980 di Los Angeles, Amerikat. Mereka adalah imigran gelap dari El Salvador.

Awalnya, mereka dibentuk untuk melindungi imigran-imigran El Salvador di Amerika Serikat. Namun, lama-kelamaan, mereka mulai melakukan tindakan kriminal.

Seiringnya waktu, organisasi Mara Salvatrucha semakin membesar. Menurut data National Gang Threat Assessment, member Mara Salvatrucha telah mencapai angka 50 ribu pada 2009. Kini, mereka pun telah tersebar di Kanada, Meksiko, dan negara-negara di Amerika Tengah.

Sama seperti kebanyakan geng Amerika Latin, tatto menjadi salah satu identitas mereka. Inisial 'MS', 'Salvatrucha' dan 'Devil Horns' menjadi tatto wajib mereka. Bahkan, tak sedikit member yang menato wajah mereka.

Proses rekruitmen Mara Salvatrucha juga sangat sadis. Oleh para seniornya, anak-anak baru itu biasanya disuruh untuk membunuh anggota geng lainnya.

Saking berbahayanya, FBI sampai membentuk tim khusus bernama MS-13 National Gang Task Force hanya untuk menangani Mara Salvatrucha.

Gimana? Serem kan bro? Di artikelnya berikutnya kita akan mengunjungi markas Mara Salvatrucha di San Salvador, ibukota El Salvador.