Sebuah penelitian telah dilakukan oleh salah satu situs pencari kerja terbesar,yakni jobstreet.com. Mereka meneliti seputar kepuasan para pekerja, khususnya di Indonesia. Hasil yang didapatkan lumayan mencengangkan nih, hampir sebagian besar ternyata nggak puas dengan apa yang tengah mereka lakukan saat ini.

Sebanyak 17.623 karyawan mengisi sebuah survey yang diberikan oleh jobstreet pada awal Oktober lalu. Sekitar 73% koresponden ternyata nggak puas dengan pekerjaan dikarenakan faktor tertentu.

Nggak hanya itu, survey tersebut juga menunjukkan sebanyak 54% karyawan bekerja nggak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Hal ini tentu aja berpengaruh terhadap produktivitas serta kecilnya jenjang karir.

Kemudian sekitar 85% pekerja nggak memiliki work-life balance atau keseimbangan antara bekerja dan kehidupan pribadi. Bahkan pada bulan september lalu, sebanyak 62% pekerja nggak bisa tidur dikarenakan masih memikirkan pekerjaan mereka.

Lalu, survey tersebut juga menyimpulkan sekitar 58% pekerja, memiliki atasan dengan gaya kepemimpinan militer. Padahal, karakter buruk atasan bisa mempengaruhi kinerja para karyawan. Ujung-ujungnya bakal berpengaruh terhadap nama perusahaan.

Sulitnya lapangan pekerjaan, tentu bikin setiap orang mau nggak mau menerima kesempatan apa pun untuk bekerja. Tapi, bisa disimpulkan jika akhirnya mereka mengalami banyak hal tersebut. Akhirnya, sebagian orang menempuh jalan lain dengan membuka usaha sendiri, walaupun hal tersebut juga nggak kalah sulitnya.