Merdeka.comJika tak ingin makan terlalu banyak sebaiknya jangan makan sambil mendengarkan musik jazz. Penelitian mengungkap bahwa masakan yang dimakan sambil mendengarkan musik jazz akan terasa lebih enak. Musik ini akan mempengaruhi kepuasan seseorang ketika merasakan masakan dan berapa banyak makanan yang dikonsumsi.

Hasil ini ditemukan oleh peneliti dari University of Arkansas. Mereka melakukan percobaan dengan memutarkan beberapa jenis musik antara lain musik klasik, jazz, hip hop, dan rock, pada partisipan yang sedang makan.

Mereka menemukan bahwa partisipan yang mendengarkan jazz merasa makanan mereka lebih memuaskan dan terasa lebih enak. Partisipan juga mengonsumsi lebih banyak makanan ketika mendengarkan musik jazz, seperti dilansir oleh Daily Mail (14/04).

Sementara itu, diketahui tak ada efek yang jelas pada jumlah makanan yang dikonsumsi ataupun rasa makanan ketika partisipan mendengarkan musik rock atau musik klasik. Namun partisipan mengonsumsi lebih sedikit makanan ketika mendengarkan musik hip hop.

"Orang biasanya mengonsumsi makanan sambil mendengarkan musik. Meski mereka kadang tak memperhatikan musik yang didengarkan ketika makan, namun efek musik tersebut bisa berpengaruh terhadap cara kerja sensor saraf saat merasakan masakan," ungkap peneliti.

Meski hingga kini alasan mengapa musik jazz dan hip hop memiliki efek pada rasa makanan masih belum jelas, namun ada baiknya untuk mulai memperhatikan jenis musik yang Anda dengarkan saat makan. Bisa jadi, Anda makan terlalu banyak dari porsi seharusnya karena pengaruh musik tersebut.