Talkmen.com --- Jenis tas dan fungsinya.

Beberapa tas mempunyai nilai estetikanya tersendiri saat digunakan, di luar fungsi dari tas itu sendiri.   Saat memilih tas, ketahui lebih dulu jenis tas apa yang memenuhi kriteria kebutuhan Anda.

Mengikuti ragam perkembangan mode, kini banyak tersedia ragam aneka jenis tas yang dibuat khusus untuk pria. Tak usah dulu membicarakan merek, tas-tas itu hadir dengan bermacam model dan dibuat dari material yang awet untuk digunakan sehari-hari. Selama ini Anda mungkin hanya melihat fungsi tas sebagai tempat menaruh barang. Ternyata tidak, tas bagi pria juga mempunyai filosofinya sendiri yang kegunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Situasi harian di tempat Anda bekerja, baik itu di dalam ruangan atau di luar, juga merupakan faktor yang harus diperhatikan untuk memilih tas yang akan digunakan. Jangan terburu-buru untuk membeli sebuah tas sementara Anda belum mengenal jenis dan fungsinya dengan baik. Bukan karena harganya yang mahal, melainkan material dan ukuran volume tas tersebut mampu untuk menampung barang-barang bawaan Anda.

Ketahui terlebih dahulu barang-barang apa saja yang setiap harinya Anda bawa untuk beraktifitas, baru kemudian Anda dapat memilih jenis tas yang sesuai. Jika setiap hari Anda selalu membawa laptopnotepad, atau kamera, maka material tas yang berlapis bahan parasut sangat baik untuk digunakan. Karena selain melindungi dari tekanan dan gesekan, bahan parasut juga dapat tahan air sehingga Anda tidak perlu khawatir perlengkapan tadi akan rusak. Bentuk atau desain suatu tas juga penting untuk Anda pertimbangkan. Sama seperti pakaian, ada beberapa jenis tas yang pemakaiannya disesuaikan dengan kepentingan suatu kesempatan. Saat menghadiri suatu rapat atau presentasi dengan orang-orang penting, ada baiknya Anda memilih jenis tas yang lebih formal agar terlihat lebih kredibel. Begitu juga untuk momen bersantai atau travelingada jenis tasnya tersendiri.

Messenger Bag

Messenger bag atau postman bag, menjadi begitu populer sejak digunakan para kurir di New York tahun 1970-an.  

Jenis tas ini juga populer dengan nama sling bag, atau postman bag. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950-an oleh de Martini Globe Canvas Company dan sampai tahun 1970-an dikenal sebagai tas yang kerap digunakan oleh para kurir di kota New York. Messenger bag merupakan salah satu jenis tas pria yang paling populer hingga saat ini. Sebetulnya dapat dikatakan tas ini multifungsi, karena ukurannya yang cukup besar dan lebar. Bentuk messenger bag ini biasanya kotak atau persegi panjang dengan sabuk lebar untuk diselempangkan di bahu. Pada awalnya, bahan kanvas dipakai untuk membuat tas ini karena materialnya yang kuat dan tahan segala cuaca. Namun seiring perkembangan mode, messenger bag kini tersedia dalam aneka jenis bahan dan desain. Tas ini terbilang cukup stylish di antara jenis tas lainnya, oleh karena itu, gunakanmessenger bag yang bermaterial kanvas atau kulit. Pilihlah messenger bag yang mempunyai detil kantung dibagian depannya dengan warna-warna pastel yang membuat penampilan Anda tetap manly dan elegan.

Briefcase

Sesuai bentuknya yang bersiluet tegas, maka briefcase sangat cocok digunakan saat menghadiri momen penting.  

Sebagian dari Anda mungkin masih menganggap tas ini sebagai tas Bapak-bapak”. Tapi sebetulnya tas ini merupakan tas formal yang cocok dipakai saat Anda menghadiri momen-momen penting dan resmi. Briefcasemulai terkenal di Amerika Serikat mulai tahun 1940-an. Saat itu yang banyak memakai tas ini adalah kalangan penegak hukum seperti pengacara atau hakim. Karena bentuknya begitu kotak dan kaku, banyak kalangan mengasosiasikan tas ini sebagai tas resmi untuk bekerja. Barulah setelah para pelaku bisnis sampai dokter banyak yang memakai briefcase sebagai simbol aktualisasi diri. Briefcase umumnya berbentuk persegi panjang dengan satu pegangan tanpa tali. Untuk bahan, briefcase umumnya menggunakan material kulit yang keras dan kaku untuk mempertahankan bentuknya. Soal volume, briefcase mungkin hanya cukup untuk menampung laptop, notepad, atau arsip-arsip. Terlalu banyak menaruh barang dalam tas ini malah akan menghilangkan estetika daribriefcase itu sendiri. Karena bermaterial kulit, maka pilihlah briefcase berwarna hitam, cokelat, beige, atauchoco-grey. Hindari material kulit dengan motif crocco atau ostrich karena akan terlihat berlebihan jika dikenakan oleh seorang pria.

Duffel Bag

Duffle bag memiliki ukuran yang cukup besar untuk menampung barang bawaan Anda.  

Berawal dari tas untuk berolah raga yang selalu dipakai untuk membawa perlengkapannya, duffel bag juga akrab dipakai oleh para tentara US Army dan pelaut saat masa Perang Dunia II. Duffel sendiri diambil dari nama sebuah kota di Belgia, tempat di mana tas ini pertama kali diperkenalkan. Seiring perkembangan jaman, duffel bag mengalami banyak perkembangan. Fungsi yang paling lazim dikenal dari duffel bag saat ini adalah tas untuk berolah raga, atau gym bag. Tetapi mode seperti tak habis akal untuk memodifikasi duffel bag sebagai tas yang cocok digunakan sehari-hari. Serupa dengan messenger bagduffel bag dapat dibuat dari aneka jenis material. Baik kanvas, kulit, maupun parasut semuanya memiliki fungsi dan ciri khas tampilannya masing-masing. Bentuk tas ini biasanya menyerupai silinder yang melebar dan ukuran dalamnya pun biasanya cukup luas. Tas ini cocok untuk Anda yang selalu membawa banyak barang saat beraktifitas, tak terkecuali, laptop dan running shoes kesayangan dapat dimasukkan dalam satu tas.

Tote Bag

Layaknya kantung, tote bag umumnya tidak tertutup rapat dan cocok dipakai saat bersantai.  

Mencari tas yang cocok digunakan saat bersantai? Tote bag dapat menjadi pilihan Anda. Tas ini merupakan jenis tas unisex, dapat dipakai pria atau wanita karena bentuknya yang netral. Namun, kini mulai banyak tersediatote bag yang khusus dibuat untuk pria. Ciri dan bentuknya pun jauh lebih simpel dan sederhana dari tote baguntuk wanita. Tote bag dapat dibuat dari berbagai material, ciri utamanya biasanya tanpa memiliki resleting jadi menyerupai kantung. Banyak pria menganggap tas jenis ini terlalu feminin untuk digunakan, tetapi itu semua tergantung bagaimana Anda memilih jenis tas ini. Gunakan tote bag untuk pria dengan desain simpel tanpa memiliki banyak detil. Untuk warna, carilah yang berwarna netral juga seperti cokelat, hitam, atau abu-abu. Bahan yang cocok digunakan bagi pria lebih baik dari bahan kanvas, jika kulit maka pilihlah tipe material kulit yang memiliki kontur halus atau seperti kulit jeruk.

Backpack

Sangat ringkas dan mudah dibawa ke mana-mana merupakan nilai lebih saat menggunakan backpack.  

Dikenal juga sebagai tas ransel, backpack mulai dikenakan sejak tahun 1910-an saat perang banyak terjadi di berbagai belahan dunia. Backpack digunakan oleh para pasukan dan pengungsi untuk membawa perbekalan mereka selama perjalanan. Karena medan perjalanan yang berat dan membawa banyak perlengkapan lain, jadilah tas ini dibuat dengan kedua tali hingga dapat disandang pada kedua bahu. Berbeda dengan duffel bagyang digunakan untuk menaruh pakaian dan perlengkapan lain selama bertugas. Dalam perkembangannya,backpack digunakan untuk berbagai aktifitas, dari mulai tas untuk bekerja sampai mendaki gunung. Tas jenis ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki aktifitas bekerja di lapangan. Tujuannya sederhana, agar Anda tidak kerepotan untuk membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan. Bahan yang digunakan untuk backpackbiasanya terbuat dari material yang tahan terhadap segala cuaca. Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini backpack umumnya didesain untuk menampung beragam benda seperti laptop, kamera, sampai peralatangrooming.