Buat penggemar berat Johnny Depp pasti nggak asing dengan sosok keren pemuda di 21 Jump Street, atau anggota FBI penuh karisma dalam penyamarannya ke dalam kehidupan mafia, Donnie Brasco.

Tetapi nggak tahu kenapa, sosok keren dan penuh karisma yang dibawa Johnny Depp di setiap film-filmnya kok makin lama makin hilang, bikin para kritikus film berteriak dan menyudutkan namanya.

Nggak percaya? Hanya sedikit kritikus film yang bilang kalau karakter Mad Hatter di Alice in Wonderland, atau Jack Sparrow di Pirates of the Caribbean, hingga sang Indian gila, Tonto, di The Lone Ranger, itu jauh dari kata memuaskan, Bro. Sebagai penggemar Johnny Depp mungkin loe nggak masalah dengan aktingnya, tetapi para kritikus film di Hollywood yang terkenal kejam itu bilang kalau Johnny sudah nggak se-Depp seperti dulu lagi.

Depp muda, yang saat itu berusia 13 tahun, diminta Nicolas Cage untuk ikut audisi Nightmare on Elm Street. Dari situ, dia meneruskan karir ke serial 21 Jump Street sebagai Tom Hanson yang menawan hati cewek-cewek sedunia di masa itu. Walaupun dianggap cowok paling cool sejagad (di jaman itu, Bro), Depp menganggap peran jagoan atau playboy itu bukanlah buat dirinya.

Di akhir tahun 90’an Depp malah memiliki film-film yang complicated, seperti Fear and Loathing in Las Vegas dan Donnie Brasco. Bukti lain, sebenarnya dia juga pengen dipecat dari perannya di 21 Jump Street, Bro. Dan dengan alasan yang sama dia lebih memilih berperan sebagai cowok aneh bertangan gunting di Edward Scissorhands.

Dari sinilah hubungan kekerabatan bareng sang sutradara Tim Burton makin terjalin erat. Burton mungkin bisa loe salahkan karena selalu mengajak Johnny Depp untuk memerankan tokoh-tokoh aneh, seperti Willy Wonka sang pemilik pabrik coklat di Charlie and the Chocolate Factory, hingga vampir yang nggak lucu di Dark Shadows, atau pemilik barber sadis di Sweeney Todd. Sampai berapa lama lagi Johnny Depp akan tenggelam bareng karakter dan akting yang aneh?

Ketika loe berpikiran yang sama, mungkin akting Depp di film Black Mass bakal menjawab pertanyaan tersebut. Dalam film yang bakal segera rilis tersebut, dia mengubah sosok aneh dengan tatanan rambut yang patut dipertanyakan, menjadi gangster sadis nggak pakai perhitungan.

Black Mass patut loe tunggu sebagai revolusi baru Johnny Depp, untuk mengembalikan gambaran dirinya sebagai cowok cool dan tangguh, dengan bau bubuk mesiu di bajunya, Bro. Semoga kali ini dan seterusnya, Johnny Depp berperan seperti apa yang diinginkan banyak orang kepadanya.