Talkmen.com --- Lupakan sejenak apa shio Anda dan elemennya. Jangan jadikan ramalan kesialan atau keberuntungan menjadi pangkal keraguan.

Bercermin pada sosok kuda yang selalu semangat, gagah, dan tak kenal lelah bisa menjadi penyemangat baru bagi hidup Anda.

Di bulan Januari ini dunia mempunyai dua perayaan Tahun Baru. Satu, Tahun Baru Masehi telah kita lewati dengan penuh suka cita dan sejuta asa melambung tinggi. Kedua, adalah Tahun Baru Imlek 2565 yang jatuh tepat hari ini, 31 Januari. Tahun Baru Imlek adalah tahun baru yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Dalam keberagaman, Tahun Baru Imlek telah menjadi satu kebudayaan bangsa yang dirayakan secara bersama-sama, tidak hanya milik satu etnis saja. Mengawali tahun 2014, jika dilihat secara penanggalan Cina, maka Tahun Baru Imlek kali ini membuka tahun kuda dengan elemen kayu.

Ya, Anda mungkin telah mengetahui jika perputaran kalender Cina selalu diiringi dengan 12 shio yang dilambangkan dengan hewan-hewan sekaligus elemen yang melengkapinya. Oleh karena itu, biasanya setiap menyambut Tahun Baru Imlek, akan banyak ramalan mengenai keberuntungan dan bahaya kegagalan bagi setiap shio. Lantas bagaimana dengan keberuntungan shio Anda tahun ini? Di luar apapun shio Anda, ada baiknya bila melupakan sejenak segala ramalan yang ramai beredar menjelang Tahun Baru Imlek. Ramalan... adalah sebuah ramalan. Tapi Anda dapat mengambil satu sudut pandang, menempatkan sebuah ramalan, dan perspektif kehidupan yang dijalani.

Saat perayaan Tahun Baru, apapun bentuk dan kebudayannya, pasti menjadi tempat setiap orang menaruh harapan. Jenjang karier yang menanjak, roda bisnis semakin lancar, finansial kian deras layaknya hujan yang membasahi bumi, dan segala keinginan positif lainnya. Jarang Anda akan menemui orang menggantungkan harapan kelam saat Tahun Baru. Begitu juga dengan Tahun Baru Imlek. Anda mungkin lesu setelah mengetahui bila shio Anda tahun ini tidak terlalu gemilang, harus banyak berhati-hati, dan banyak kesialan mendera. Tapi sebetulnya yang harus Anda waspadai adalah bentukan mindset akibat ramalan yang kurang enak didengar hingga membuat diri Anda menjadi down

Lepaskan dulu atribut shio yang dipercaya melekat pada diri Anda. Lihatlah pada sosok kuda yang menjadi lambang tahun 2565 menurut penanggalan Cina. Apa yang terbesit di pikiran saat mendengar atau melihat sosok kuda? Hewan yang tangguh, gagah perkasa, dan tak kenal lelah? Betul. Itulah sosok kuda pemberani yang tak takut dengan segala medan yang ditemui. Ke mana tujuannya, ke sana ia akan berlari. Inilah perspektif baru yang dapat Anda bangun, di luar segala ramalan soal shio yang mungkin sudah membuat Anda gentar menghadapi tahun ini.

Jejakkan visi dan misi secara mantap

Anggap saja mempunyai dua perayaan Tahun Baru di bulan yang sama sebagai anugerah dari Tuhan. Sebuah anugerah yang membuat Anda ingat kembali apa resolusi yang sudah dicanangkan saat merayakan Tahun Baru Masehi lalu. Meskipun Anda tidak ikut merayakan Tahun Baru Imlek, ambil esensi perayaan Tahun Baru itu sebagai tonggak untuk memantapkan visi dan misi yang sudah direncanakan. Bagi Anda yang merayakan, bila masih terbayang dengan ramalan, lepaskan dulu atribut shio dari diri Anda. Jadikan kuda sebagai inspirator Anda berpijak, mantap, dan penuh semangat menyambut tahun yang baru.

Petualangan adalah sebuah seni

Layaknya kuda yang selalu berlari ke sana-sini, seperti tak bosan mencari hal-hal baru yang belum pernah dilihat sebelumnya. Hidup Anda adalah sebuah medan petualangan, jadikan itu sebagai seni di mana Anda bisa belajar dan selalu merasa bahagia. Petualangan tidak akan selalu membawa Anda menemui pemandangan indah, tapi Anda akan dihadapkan dengan bermacam hambatan dan halangan. Permasalahan di kantor, beban pekerjaan yang kian berat, kondisi finansial berantakan, atau seteru rumah tangga adalah beberapa hambatan sekaligus ujian. Tapi ingatlah selalu Anda adalah kuda yang tak kenal lelah. Terus berlari mengejar apa yang ingin Anda capai, bila tidak berhasil maka kesuksesan itu ada di arah yang lain.

Wujudkan aksi, penuh strategi

Saat berpetualang, tidak mungkin Anda pergi dengan tangan kosong dan tanpa persiapan. Logikanya, saat semua perbekalan sudah siap, maka Anda siap berangkat. Begitu juga saat menapaki tahun baru. Bekal Anda adalah visi, misi, dan resolusi yang sudah dipikirkan. Petualangan hidup adalah peta harta karun yang Anda punya, tidak jelas dan rumit kelihatannya. Di sinilah Anda harus menyiapkan satu bekal lagi, strategi. Strategi ini dapat bermacam-macam bentuknya. Hal sederhana saja, Anda berencana membangun bisnis kuliner tahun ini, apa strategi awalnya? Ambil handphone, lihatlah kontak-kontak yang prospektif untuk membangun bisnis tersebut. Hubungi, ajak bertemu, bicarakan semuanya. Itulah kematangan strategi yang kelak menjadi bekal Anda melanjutkan petualangan di bisnis kuliner tadi. Got it?

Jatuh, bangkitlah!

Anda pernah melihat bagaimana tangguhnya seekor kuda saat berpacu atau berlari mengejar sesuatu? Seperti tak pernah lelah dan segera bangkit setelah jatuh. Hewan saja bisa begitu tangguh, mengapa Anda tidak? Jatuh, bangun, senang, atau sedih adalah roda kehidupan sebagai kodrat manusia. Kuda bukanlah keledai yang bisa jatuh di lubang yang sama. Ia kencang berlari, tetap waspada, dan penuh strategi. Ia bisa saja jatuh, namun setelah berlari berkilo jauhnya. Itulah kehidupan Anda. Jangan mau cepat terbuai dengan kepuasan yang menjadikan Anda malas seperti keledai. Jadikan rasa puas sebagai bahan bakar yang akan menambah pacu Anda menuju goal yang sebenarnya dan jadikan jatuh sebagai pengingat Anda untuk selalu waspada.

 

Wish you happiness and prosperity in the coming year. Selamat Tahun Baru Imlek 2565! #LetsDoIt