Merdekaa… Dua hari lagi kita memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-70. Pernah mikirin nggak loe, maknanya? Arti kemerdekaan buat loe? Tiap orang pasti punya penghayatan yang berbeda-beda. Kita mencoba menggali pengertian merdeka dari para generasi muda, dari aneka semua bidang. Generasi inilah yang kini memikul tugas mengisi kemerdekaan dan melanjutkan perjuangan menjaga kedaulatan Indonesia...

 

Deny Chasmala  (Musisi, arranger lagu, guru musik)

Merdeka secara personal adalah bebas melakukan sesuatu tanpa kekangan apa pun dari luar. Merdeka secara nasional??? Aduuh... Kita belum merdeka! Dulu yang jajah bangsa asing, sekarang bangsa sendiri (koruptor).

 

Coki Siswanto (Enterpreuner, pengusaha spare part racing, pemilik tim balap Kawahara)    

Merdeka itu bebas dari semua tekanan.

 

Topo Atmodjo (Pengusaha, Modifikator Motor)

Merdeka itu bebas bertindak dan berkehendak, tanpa ada tekanan dari pihak mana pun dalam beraspirasi dan menyampaikan pendapat, tidak merasa takut dan bisa menjalankan kehidupan secara damai dan sejahtera.

 

Agus Sigit, (Karyawan, anggota klub motor, peturing motor)

Merdeka itu adalah bebas, tidak terikat, tidak tergantung dan dapat hidup mandiri.

 

Anggono Iriawan (Manager Motorsport dan Safety Riding Astra Honda Motor)

Merdeka itu bebas dari tekanan, bisa bertindak sesuai hati nurani dan bisa mewujudkan keinginan yang positip. Lebih bagus lagi, bisa mengisi kemerdekaan dengan nilai-nilai perjuangan, membawa nama baik bangsa Indonesia di dunia internasional.