Merdeka.com --- Chen Guangbiao, miliarder asal China, kemarin mengajak makan siang gratis ratusan gelandangan di restoran mewah Central Park di Kota New York, Amerika Serikat.

Tidak hanya itu saja, dia juga membagikan uang sebesar USD 100 kepada masing-masing orang miskin itu, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Rabu (26/6).

Dalam acara banyak diliput media itu dia juga menyanyikan lagu "We are the World" di hadapan sekitar 250 undangan. Chen berjanji dia akan menyumbangkan uang senilai USD 300 per undangan buat amal.

Untuk menggelar acara itu Chen bekerja sama dengan rumah penampungan New York City Rescue Mission, rumah singgah paling tua di Amerika.

"Saya sangat berharap bisa mendapat makan enak. Saya pikir dia orang baik dan membantu negara kami," kata salah satu orang miskin bernama Antone Hills.

Chen mengatakan dia ingin mengubah pandangan orang tentang orang china yang suka boros dengan belanja barang-barang mewah.

"Saya tidak lahir dari keluarga kaya atau anak pejabat. Ketika saya empat tahun kakak laki-laki dan perempuan saya meninggal karena kelaparan. Saya meraih sukses dengan kepercayaan diri dan kerja keras," kata Chen saat diwawancara stasiun televisi CBS.

Kekayaan Chen diperkirakan sebesar Rp 9 triliun.

Namun koran New York Post melaporkan sekitar seratus gelandangan tambahan muncul di depan restoran itu tapi mereka tidak diizinkan masuk.

Mereka marah dan meneriaki Chen sebagai pembohong serta menyumpahinya.

Chen rencanya mentraktir makan untuk 250 orang tapi kemudian dia kurangi menjadi 200. Mereka yang tidak kebagian kemudian marah.