Wah, ternyata gak cuma jus tomat aja, Bro!

Well, pernah ngerasa kurang puas dengan rasa makanan pada saat kita bepergian dengan pesawat terbang? Makanan seringkali terasa lebih hambar dari biasanya.

Yak, studi di German terhadap 1000 penumpang pesawat komersial, 27 % diantaranya memesan tomato juice pada saat di udara. Uniknya 23% diantaranya malah gak menyukai jus tomat pada saat di darat, mereka ngaku menyukainya cuma pada saat di dalam pesawat.

Kenapa bisa demikian? Bukan karena faktor ketinggian melainkan karena faktor tekanan udara yang ada di dalam pesawat ketika terbang.

Peneliti dari Fraunhofer Institute for Building Physics di Holzkirchen, Bavaria, Andrea Burdack-Freitag mengatakan manis dari gula atau asin dari garam bakal terasa lebih hambar pada saat tekanan udara rendah. Pada saat tekanan udara normal, doi menjelaskan rasa tomat lebih anyep” dan sedikit hambar. Beda pada saat di udara, tekanan rendah membuat rasa tomat menjadi lebih manis. Ini yang membuat banyak penumpang lebih sering memesan jus tomat di dalam pesawat.

Hasil penelitian ini pula yang membuat salah satu pesawat komersial asal Jerman, merubah menu makanan mereka dengan takaran bumbu yang juga disesuaikan dengan tekanan udara di dalam pesawat. Hasilnya makanan terasa lebih enak!

blog4

Gak percaya? Cobain aja, Bro!

 

Sumber : shortlist.com