Paling kesel kalau baterai ponsel loe mendadak drop. Dan loe mulai berpikir kalau selama ini loe sudah memperlakukan ponsel loe dengan salah. Termasuk saat mengisi dayanya.

Ada banyak mitos seputar mengisi daya ponsel yang mungkin loe percaya dan loe salahkan. Seperti misalnya ninggalin ponsel ke-cas semalaman. Mau tahu faktanya? Ini dia:

1. Ngecas semalaman it's okay!



Mungkin loe lupa mengisi baterai ponsel sebelum pulang kerja. Sampai rumah badan udah capek dan baterai udah low banget. Nggak ada pilihan selain tidur dan ninggalin ponsel kecolok listrik. Karena kalau nggak dicas takut mati dan alarm nggak bunyi.

Mengisi baterai ponsel semalaman banyak dicurigai sebagai penyebab baterai jadi "gemuk" dan cepat drop. Padahal sebenarnya itu cuma mitos. Ponsel zaman sekarang sudah bisa memutus sendiri pengisi daya kalau sudah mencapai 100%. Jadi jangan khawatir.

2. Harus cas sampai penuh, pantang dicas sebelum habis



Ini adalah anggapan yang salah bro. Soalnya ini justru akan bikin baterai ponsel loe jadi cepat rusak. Baterai Lithium-ion bisa dicas kapan saja loe butuhkan. Jadi nggak perlu nunggu habis sebelum mengisi ulang.

Dan mencopot pengisi daya sebelum baterai penuh juga beneran nggak apa-apa lho! Ini nggak akan bikin baterai ponsel loe drop dan semacemnya.

3. Jangan gunakan ponsel saat dicas? Mitos!



Mungkin loe pernah dengar ada yang main hape saat dicas kemudian hapenya meledak. Memang ini pernah terjadi tapi bukan salah baterainya. Ini salah charger yang mungkin nggak original yang dipakai.

Karena menggunakan ponsel saat sedang dicas itu fine-fine aja dan aman. Asal jangan dicas dan dipakai sambil berenang aja. Bahaya.

4. Matikan ponsel sesekali



Menggunakan ponsel 24/7 nggak masalah. Tapi sesekali loe juga perlu restart ponsel loe nggak cuma buat baterai tapi buat keseluruhan kinerja ponsel. Nggak perlu setiap hari, cukup satu kali seminggu aja kok.

5. Mitos lain masih ada nih



Katanya kalau menghidupkan LOCATION di ponsel bakalan bikin baterai cepat habis. Nyatanya nggak demikian. Memang fitur location ini membutuhkan baterai lebih, tapi nggak sebanyak itu sampai bikin baterainya boros.

Dan penting lagi untuk masalah baterai, jangan gunakan sembarang charger. Gunakan charger resmi atau yang sudah terpercaya supaya baterai loe juga awet.