Demi mengurangi tingkat emisi gas kendaraan, bisa dipastikan di Barcelona dan 39 wilayah lainnya di Spanyol, mengharamkan mobil tua melintas. Mobil tua yang dimaksud kali ini mobil tua yang terdaftar sebelum Januari 1997.

Mobil tua ini dipastikan tidak boleh melintas saat hari kerja. Peraturan ini bisa mengurangi 30 persen emisi gas buang selama 15 tahun. Dan aturan ini akan berlaku di 1 Januari 2019.

Peraturan ini akan membuat 7 persen dari kendaraan di wilayah tersebut, terkena imbas atau sekitar 106.000 unit model di bawah tahun 1997. Selanjutnya dikatakan buruknya kualitas udara di Barcelona menyebabkan 3.500 kematian per tahunnya.



Namun bukan berarti pemerintah lepas tangan pada pemilik mobil tua/ Karena pemerintah Barcelona menawarkan transportasi umum gratis untuk mereka yang memiliki mobil tua.

"Masyarakat Barcelona mengatakan kepada kami dalam sebuah survey, bahwa mereka ingin turut memerangi polusi udara, karena berkaitan dengan masalah kesehatan," kata Janet Sanz, Deputi Walikota bagian Lingkungan.

Dengan melarang mobil tua, pemerintah setempat yakin bisa mengurangi emisi di Barcelona hingga 10 persen dalam kurun waktu 5 tahun mendatang. Itu mendekati tingkatan yang dicanangkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).