Nggak cuma mengukir nama di atas batu atau pohon tua, bahkan seseorang bisa berbuat hal yang lebih gila lagi jika menyangkut rasa cinta. Seperti beberapa bangunan megah di dunia yang tujuannya untuk mengenang sang belahan jiwa. Sayangnya, kebanyakan dari bangunan tersebut malah menjadi saksi bisu sebuah kisah cinta yang nggak berakhir bahagia.

Megah, tapi menyimpan kisah duka mendalam kehilangan orang yang dicintai. Berikut bangunan unik tersebut.

Taj Mahal

Awalnya mungkin kamu bakal mengira ini adalah bangunan tempat ibadah atau semacamnya, tapi konstruksi super megah tersebut ternyata adalah sebuah makam. Dibangun oleh Shah Jahan, bangunan ini emang sengaja dibangun sebagai makam untuk Mumtaz Mahal yang meninggal dunia saat melahirkan putra raja. Pembangunannya sendiri memakan waktu yang cukup lama yakni antara tahun 1632 hingga 1653. Amazing!

Kuil Liang Shanbo

Pastinya kenal dengan kisah Romeo Juliet dong? Di China juga ada kisah yang sama yakni Liang Shanbo dan Zhu Yingtai. Diceritakan pada akhirnya Liang meninggal dunia, Yingtai yang dipaksa menikah dengan pria lain pun kabur saat upacara dan menuju tempat Shanbo dikubur. Anehnya makam sang pria terbuka dan tanpa pikir panjang Zhu langsung lompat ke dalamnya. Kuil Liang Shanbo inilah yang kemudian dipercaya sebagai makam keduanya.

Alcobaca

Alcobaca adalah kompleks pemakaman mewah yang dibuat raja portugal pertama yakni Alfonso Henriques. Makam paling terkenal di sini adalah milik Raja pedro I dan kekasihnya Ines de Castro. Kisahnya diawali dengan banyak bangsawan yang nggak suka dengan kedekatan mereka berdua dan Ines pun dibunuh. Pedro yang murka kemudian mengangkat sang kekasih menjadi ratu dan menginginkan setiap orang mencium tangan Ines yang digali lagi dari kubur pertamanya. Pedro pun memberi perintah kepada para bangsawan untuk membuatkan makam bagi dirinya dan sang kekasih agar mereka bisa saling memandang ketika hari kebangkitan.

Beberapa tempat di atas jadi bukti nyata jika kekuatan cinta itu nggak terbantahkan. Cerita mereka pun bakal dikenang abadi sebagai true lovers of the world.