LAzone
movieland cover
News

MovieLAnd, Gelaran Akbar Untuk Para Filmmaker Muda

  • 22 March 2019
  • 1375 views

MovieLAnd menjadi ajang untuk movie enthusiast untuk menimba ilmu dari filmmaker top.

LAZONE.ID -

Selepas vakum selama dua tahun, Lazone.id kembali menggelar LA Indie Movie di Jogjakarta (2 Maret 2019), Malang (9 Maret 2019), dan Jakarta (16 Maret 2019). Kali ini dengan konsep yang lebih fresh dan kekinian, yaitu MovieLAnd.

Di tiap kota, acara sehari penuh ini diisi dengan berbagai program menarik, mulai dari Film Workshop Series, Meet the Film Expert, Filmmaker Hunt, Casting, hingga Open Air Cinema.

MovieLAnd pun menghadirkan para filmmaker top untuk membagi ilmu dan pengalaman mereka kepada para peserta, diantaranya, Angga Dwimas Sasongko (Sutradara), Garin Nugroho (Sutradara), Ifa Isfansyah (Sutradara/ Produser), Ismail Basbeth (Sutradara/ Produser), Agung Hapsah (Content Creator), Fahmi J. Saad (Sinematografer), Kelvin Nugroho (Editor Film), tak ketinggalan aktor film Indonesia Arifin Putra, Ben Joshua, Vino G Bastian, serta beberapa expert industri film lainnya.

Sesuai dengan tema yang diusung 'Your Movie Goes Digital', seri film workshop membahas tema-tema yang menarik antara lain : Directing Thinking in Digital Era, Memahami sinematografi dalam dunia digital, dan editing tips untuk content digital.

Dalam sesi workshop penyutradaraan di Jakarta, Garin Nugroho mengajak para peserta untuk menggunakan gadget mereka untuk membuat sebuah karya.

“Dalam dunia yang terlalu cepat dibutuhkan perpustakaan untuk ide-ide yang kita temukan. Karena otak kita terlalu kecil untuk menampungnya. Oleh karena itu dimanapun, kapanpun gunakan gadgetmu untuk kreatifitas," ujar sutradara yang sering mendapat penghargaan di ajang internasional itu.

Sementara, workshop di Jogjakarta, Sutradara Mouly Surya berpesan kepada para filmmaker muda, “Elemen make- believe adalah satu hal yang bikin sinema menarik.”

 

Seri workshop film di 3 kota selalu dipadati ratusan filmmaker muda yang ingin menimba ilmu sekaligus ingin menantang diri mereka sebagai filmmaker yang layak mendapat kesempatan membuat film pendek bareng produser MovieLAnd tahun ini, yaitu Ifa Isfansyah, Ismail Basbeth, dan Adhyatmika, lewat program unggulan Film Maker Hunt.

Film Maker Hunt memberikan kesempatan filmmaker untuk menjajal berbagai profesi bidang film sesuai minat dan kemampuan mereka, antara lain: Director Challenge, Cinematographer Challenge, Art Director Challenge, dan Film Editor Challenge.

Selain menghadirkan narasumber filmmaker, MovieLAnd juga menghadirkan aktor-aktor yang saat ini sedang terlibat dengan project film yang didistribusikan lewat jalur OTT (Over The Top) yaitu content video/film yang dinikmati lewat layanan internet, seperti Vino G Bastian, Ben Joshua, Arifin Putra, dan Oka Antara.

Ben Joshua yang hadir di Malang memberikan tipsnya kepada filmmaker muda, "Apapun yang kita lakukan kita harus selalu berani mencoba hal baru dan menerima tantangan apapun itu."

Selain mengeksplore dunia filmmaking, MovieLAnd tahun ini juga menghadirkan konten creator yang telah melahirkan content-content kreatif yang viral di jagad digital, yaitu Agung Hapsah. Dalam talkshownya di main stage di Jogja at Kemang Jakarta, dia mengatakan, “Just you use what you have, jangan pernah salahkan alatmu untuk ketidak mampuannmu. Just do what you wanna do, because you will never have references if you never try, trial and error is important. And Dont go for virality, but go for quality.”