Harga BBM yang fluktuatif dipandang sebagian orang sebagai kecerobohan besar yang dilakukan presiden. Nggak perlu bukti deh karena loe pasti mengalami sendiri dampaknya. Setelah menaikkan harga BBM beberapa waktu lalu, kini pemerintah siap-siap memberlakukan wacana terbaru. Buat loe pengguna premium, silahkan gigit jari karena per bulan Mei nanti jenis BBM paling merakyat tersebut bakal dihapus dari peredaran.

Terkecuali loe bawa angkot atau kendaraan umum lain, loe masih bisa terus menikmati premium. Pertamina mengatakan bakal segera mengganti bensin yang punya RON 88 itu dengan bahan bakar baru yang punya indeks RON 92 untuk kendaraan pribadi apa pun.

© Merdeka

Di atas kertas RON 92 tentunya punya kualitas lebih baik dari para premium. Pembakarannya lebih sempurna, minim kerak dan juga ramah terhadap mesin. Namun demikian, harganya dipastikan bakal lebih tinggi dari premium. BBM jenis baru ini berada di antara premium dan pertamax dari sisi kualitas maupun harga. Jadi, loe silahkan memilih dua jenis bahan bakar tersebut.

Tentunya Pertamina nggak langsung serentak mengganti premium di banyaknya SPBU yang ada. Wacana ini bakal diaplikasikan bertahap dengan starting point di kota-kota besar lalu menyebar. Buat loe yang teguh pendirian dengan keukeuh memakai premium, loe hanya bisa mengisinya di SPBU pinggiran kota.

Kalau bensin dihapuskan perlahan dan diganti dengan yang baru dan lebih mahal, kira-kira implikasinya buat harga-harga gimana yah? Masa iya harus naik lagi, sedangkan bos susah banget dimintai naik gaji. So, what do you think?