Nggak bisa dipungkiri, Bro. Sehebat dan secanggih apapun sebuah universitar swasta, nggak akan pernah mengalahkan kualitas dari Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri. Itulah yang menjadi alasan mengapa hingga sekarang Universitas Negeri selalu menjadi pilihan utama untuk melanjutkan jenjang pendidikan selepas SMA.

Perguruan Tinggi di Indonesia sendiri mampu bicara banyak dengan masuk ke peringkat 100 besar Universitas terbaik di dunia. Level dunia lho, Bro. Bukan lagi level Asia atau nasional.

Berdasarkan penelitian QS Top University, yang menilai kualitas sebuah PTN dari sembilan elemen penting, yaitu kualitas penelitian, dosen, pelayanan kepada mahasiswa, jumlah kerjasama dengan pihak asing, fasilitas, inovasi, tanggung jawab sosial, budaya dan seni, fasilitas kepada para difabel, akreditasi dan skor disiplin, berikut adalah empat kampus terbaik yang bisa lo andalkan untuk melanjutkan pendidikan.

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan nama UI, berhasil menembus peringkat 71 dunia. Hebat nggak, Bro? Kampusnya berada di seputaran Salemba dan Depok. UI sendiri aktif mengadakan kerja sama dengan berbagai asosiasi pendidikan dan riset.

 Masuk UI mahal? Jangan emosi dulu, Bro. UI secara bijak menentukan bahwa Biaya Operasional Pendidikan, atau uang per-semester dan uang pangkal disesuaikan dengan kondisi keluarga dari mahasiswa. So, dari yang berkekurangan hingga anak pejabat punya kans yang sama untuk menempuh pendidikan di UI. Selengkapnya, mending lo klik website resmi Universitas Indonesia.

Institut Teknologi Bandung

Dengan hawa yang dingin dan nyaman untuk belajar, serta sederet prestasi yang membanggakan, nggak heran kalau Institut Teknologi Bandung ini adalah salah satu jujugan favorit para siswa Indonesia. ITB memang nggak masuk dalam 100 Perguruan Tinggi Beken se-Dunia, Bro. Tapi, institute ini punya segudang fasilitas oke, seperti ruangan kuliah, laboratorium, bengkel dan studio. ITB, yang masuk dalam peringkat 125 kampus dunia, juga punya sebuah galeri seni yaitu Galeri Soemardja, fasilitas olah raga, dan sebuah Campus Center.

Buat para calon mahasiswa kurang mampu yang punya prestasi tinggi, ITB secara khusus bakal menampung bakat besar lo dengan berbagai beasiswa. Bagi yang mampu, biaya pendidikan untuk non-reguler mencapai puluhan juta per-semester.

Universitas Airlangga

Hadir di Kota Pahlawan, Surabaya, Universitas Airlangga berada dua peringkat di bawah Institut Teknologi Banding (127). Unair, nama beken Universitas Airlangga, punya beragam fasilitas, mulai dari pusat studi mahasiswa, asrama, lapangan olahraga dan lain-lain.

Sama seperti UI dan ITB, Unair juga punya beasiswa buat lo yang punya prestasi tinggi tapi kurang mampu dalam segi finansial.

Universitas Gadjah Mada

Perguruan tinggi terbaik ke-empat di Indonesia berada di Yogyakarta, the Central of Java. Dengan reputasi kota Yogya, yang juga disebut kota pendidikan, kesenian, dan budaya, menjadikan Universitas Gadjah Mada, atau UGM, ini sebagai Universitas favorit.

Nggak cuma memiliki ruangan kuliah, laboratorium, asrama, lapangan olahraga, dan gelanggang mahasiswa, UGM juga punya museum, Bro. Museum ini memperlihatkan peran UGM bagi bangsa dan masyarakat Indonesia.

Sekali lagi, buat lo yang kurang mampu dalam segi finansial, jangan menyerah dalam mengejar pendidikan. Tidak mampu dalam materi bukan berarti harus berhenti segala hal, termasuk pendidikan. Makanya, jadilah sosok yang berprestasi, Bro. Supaya kelak cita-cita lo untuk masuk ke dalam salah satu PTN terbesar di Indonesia bisa terwujud.