Merdeka.com --- Kementerian Perhubungan menyediakan sarana transportasi gratis untuk mengangkut sepeda motor pada masa mudik Lebaran tahun ini. Diperkirakan angkutan lebaran tersebut dapat mengangkut sekitar 8.900 unit setiap harinya.

Rinciannya adalah 6.300 unit sepeda motor yang diangkut oleh kereta, 600 unit diangkut truk, dan 2.000 unit diangkut oleh kapal. Penyediaan angkutan sepeda motor gratis tersebut bertujuan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan di jalan raya yang tahun lalu cukup tinggi.

"Ya meskipun belum mampu mengangkut semua sepeda motor tetapi kita berupaya untuk jalan yang yang lebih baik, efektif dan efisien mengurangi pemudik sepeda motor," ujar Kepala Pusat komunikasi dan Humas, JA. Barata kepada merdeka.com, Jakarta, Kamis (15/5).

Menurut dia, angkutan tersebut disediakan untuk H-7 hingga H+7 Lebaran di mana untuk dua kereta yang mengangkut sepeda motor yakni KA Madiun-Tanah Abang (Mantab) dan KA Kutoarjo Utara. Pendaftaran angkutan mudik ini sudah dibuka sejak 14 Mei 2014 selama 4 hari.

"Untuk kereta diarahkan untuk ke jalur selatan Jawa seperti Purwokerto, Solo. Kalau jalur Pantura dan panjang Sumatera kita arahkan menggunakan kapal laut," jelasnya.

Kapal yang disediakan oleh Kemenhub untuk mengangkut sepeda motor ini yakni 3 unit dari pelabuhan Tanjung priok, selain itu ada kapal bantuan dari TNI dan ASDP. Namun, pendaftaran untuk kapal laut baru dibuka pada Juni, bulan depan.

"Kadang-kadang pemudik ini berbondong-bondong mudik pada hari tertentu, yang mereka lebih banyak kan mudik pada H-3, sedangkan ketersediaan angkutan kita tidak memadai, ya susah kalau begini," katanya.

Maka dari itu, dia mengimbau kepada para pemudik agar tidak melakukan mudik pada hari yang sama. Sehingga, penumpukan di pelabuhan, kereta maupun jalan raya tidak terjadi.