Terus memantau luasnya jagad raya, baru-baru ini NASA berhasil menemukan hal unik. Lewat teleskop luar angkasa Hubble, Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut menemukan galaksi baru berjarak sekitar 60 tahun cahaya dari bumi. Hal unik dari galaksi ini adalah ternyata hanya dihuni oleh bintang-bintang yang diperkirakan usianya udah tua.

Seperti yang dilansir Daily Mail, galaksi yang diberi nama IC 335 oleh NASA ini, termasuk dalam kelompok galaksi yang terdiri atas tiga galaksi lain di Cluster Fornax. Ternyata para ilmuwan memiliki maksud tertentu kenapa meneliti tetangga jauh Bima Sakti ini. Mereka meyakini jika IC 335 menyimpan rahasia tentang pembentukan alam semesta.

Keyakinan para peneliti tersebut didasari dari jenis IC 335 yang merupakan galaksi lentikular. Jenis ini berbeda dengan galaksi biasanya, lentikular memiliki bentuk piringan bundar dengan sedikit bentuk spiral tapi nggak memiliki lengan seperti Bima Sakti.

Selain bentuk, galaksi lentikular juga punya ciri khas berupa dominasi bintang-bintang berusia uzur di dalamnya. Nggak hanya itu, galaksi ini juga terkenal lambat dalam berevolusi.

Bahkan fakta unik lain juga diperoleh para peneliti ketika melakukan pendekatan lebih dalam. Diketahui, IC 335 hampir nggak pernah melakukan kontak dengan galaksi yang lain. Jadi, bisa dikatakan jika galaksi penemuan baru NASA ini tergolong perawan. Pasalnya, sebagian besar galaksi saling berinteraksi bahkan hingga menumpang galaksi lain.

Hal tersebutlah yang membuat IC 335 sangat unik. Ke depannya, para ilmuwan bakal terus meneliti galaksi ini. Hingga nantinya nggak menutup kemungkinan asal usul alam semesta akhirnya bisa diketahui.