Pada dasarnya dunia isinya adalah hal-hal yang serba berpasang-pasangan. Nggak perlu banyak bukti deh, misalnya mantan berpasangan dengan teman loe atau cewek cantik dengan cowok tajir dan sebagainya. Begitu pula dengan hal yang paling kelihatan di depan mata, kaya dan miskin. Miris melihat makin lama makin lebar jurang pemisahnya meskipun keduanya berpasangan. Padahal udah merupakan suatu hal yang wajib untuk si kaya membantu si miskin. Setuju nggak?

Konteks inilah yang kemudian melatarbelakangi banyak foundation dibuat untuk membantu para warga miskin yang kekurangan. Meskipun begitu, tetap aja jurang pemisahnya masih terlalu luas. Jika begini, mungkin trik unik tapi tepat sasaran ini bisa dicoba biar makin banyak orang membantu sesama.

Di Berlin ada nih vending machine unik yang isinya adalah kaos murah seharga 2 euro. Seperti mesin penjual otomatis pada umumnya, loe tinggal memasukkan pecahan koin nominal 2 euro untuk bisa membawa pulang sebuah kaos. Tapi, yang terjadi berikutnya jauh di luar bayangan. Ketika loe memilih size yang keluar bukan kaos melainkan tayangan video di panel depan.

Video tersebut menunjukkan gimana para pekerja membuat koas murah ini dibayar hanya beberapa sen aja per hari. Padahal mereka harus bekerja 16 jam penuh. Setelah videonya selesai, loe bakal diberi satu pertanyaan terakhir, ‘donat or buy?’. Seperti yang loe kira, nggak ada seorang pun tega membeli kaos dari vending machine dan memilih nyumbang.

Heran banget deh kalau ternyata masih ada aja yang memutuskan membeli setelah melihat video menyesakkan dada itu. Penasaran? Simak video inspiratif ini yang boleh banget untuk ditiru pemerintah.